Buah Mangga
Health

Apakah Mangga Aman Bagi Penderita Diabetes?

Salma Permata Dewi
Senin, 20 Maret 2023 - 17:14
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Buah mangga memiliki karakter berdaging tebal, berair dan memiliki rasa yang manis sehingga banyak digemari oleh masyarakat. Penderita diabetes kerap bingung dalam mengonsumsi buah mangga lantaran rasanya yang manis.

Dilansir dari Times of India, Senin (20/3/2023), mangga mentah tidak meningkatkan kadar gula, tetapi yang matang meningkatkan kadar gula. Namun, ada cara untuk memakan mangga bagi penderita diabetes.

Secara umum, buah mangga mengandung 15 gram per buahnya dan seseorang idealnya mengonsumsi sebanyak 30 gram per hari. Oleh karena itu, penderita diabetes dapat mengonsumsi buah mangga dalam porsi sedikit hingga sedang untuk mengontrol karbohidrat dan glukosa yang masuk ke dalam tubuh.

Buah mangga memiliki banyak khasiat lainnya seperti vitamin C yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Penderita diabetes perlu mendapatkan asupan vitamin dan nutrisi tersebut dari buah mangga secukupnya dan lebih amannya lagi penderita diabetes dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau ahli gizi.

Penderita diabetes dapat mengonsumsi buah mangga sesuai saran ahli, yakni setengah cangkir per harinya. Dilansir dari Times of India, menurut ahli nutrisi buah mangga paling baik dikonsumsi secara tradisional, yaitu diiris dan memakan daging buah dari kulitnya.

Makan buah mangga dari kulitnya dapat membuat lebih berhati-hati dan memperlambat proses makan sehingga membuat lebih cepat kenyang.

Selain memakan buah mangga dalam bentuk irisan, Anda bisa gabungkan dengan protein, seperti yogurt, susu, dan kacang-kacangan. Lalu, jangan konsumsi mangga setelah makan atau sebagai makanan penutup. Waktu paling tepat untuk mengonsumsi buah mangga adalah setelah jalan pagi, setelah olahraga, atau di sela-sela makan.

Pada intinya, buah mangga yang kaya akan nutrisi ini tetap dapat meningkatkan kadar gula sehingga Anda perlu mengontrol asupan buah mangga. Tiap orang pun berbeda-beda kondisi diabetesnya sehingga perlu konsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi buah mangga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro