6 Tips Produktif Saat Puasa, Apa Saja_ (pexels)
Relationship

Simak 6 Tips Produktif Saat Puasa Agar Lebih Bersemangat

Nuraini
Rabu, 5 April 2023 - 12:39
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tips produktif saat puasa menjadi hal yang penting untuk diperhatikan karena seringkali saat bulan puasa produktivitas menurun.

Agar bisa menjaga produktivitas tersebut Anda perlu mengetahui bagaimana cara untuk tetap produktif meskipun sedang dalam kondisi berpuasa.

Tips Tetap Produktif Selama Puasa

Puasa bukan menjadi alasan untuk bermalas-malasan. Saat berpuasa, kita tetap harus beraktivitas seperti biasa. Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan untuk bisa menjalankan kegiatan produktif saat puasa. 

1. Menyusun Catatan Kegiatan

Tips produktif selama puasa yang pertama yaitu menyusun to do list. Catatan kegiatan akan membantu untuk mengatur semua kegiatan yang akan dilakukan pada hari tersebut. Adanya catatan kegiatan ini dapat membantu untuk mengelola pekerjaan sehingga bisa lebih efisien. 

Selama bulan Ramadhan mungkin kegiatan yang dilakukan perlu penyesuaian. Hal ini karena jam dan waktu istirahat juga berubah. Susun kegiatan yang akan dikerjakan baik itu untuk harian maupun mingguan. Dalam membuat catatan kegiatan Anda juga perlu menuliskan estimasi waktu untuk penyelesaian pekerjaan. 

2. Makan Sahur dan Berbuka Secara Teratur

Tips produktif saat puasa yang berikutnya selama menjalankan ibadah puasa waktu istirahat dan waktu makan ada di antara waktu magrib sampai dengan imsak. Hal ini berarti Anda harus menjaga kebugaran tubuh selama menjalankan ibadah puasa.

Pastikan Anda makan dan berbuka secara teratur terlebih lagi jika memiliki rutinitas yang padat. Jangan sampai produktivitas menurun karena Anda tidak makan sahur. 

3. Hindari Tidur Setelah Sahur

Agar puasa tetap produktif salah satu yang harus dilakukan yaitu hindari tidur setelah sahur. Sama berpuasa hal ini menjadi salah satu tantangan terberat yaitu bangun untuk makan sahur. Terutama saat Anda tidur larut malam dan harus menyiapkan makanan sahur. 

Hal yang bisa dilakukan yaitu menyelesaikan pekerjaan tepat waktu dan tidur dengan cukup. Jangan sampai selepas sahur Anda justru tidur karena akan menyebabkan masalah pada proses pencernaan.

Selain itu, Anda bisa bangun kesiangan dan terlambat untuk melakukan kegiatan. Tentu saja hal ini membuat Anda menjadi tidak disiplin.

4. Kurangi Kegiatan Yang Tidak Perlu

Hal produktif selama puasa memang lebih berat untuk dilakukan. Fokus untuk menyelesaikan prioritas utama seperti bekerja dan beribadah. Tidak perlu melakukan kegiatan yang tidak seharusnya dilakukan. Hal ini untuk membantu Anda menyimpan stamina lebih lama berpuasa.

5. Lakukan Olahraga Ringan

Tips produktif saat puasa selanjutnya yaitu lakukan olahraga ringan. Meskipun sedang menjalankan ibadah puasa bukan berarti Anda bermalas-malasan. Lakukan olahraga ringan sehingga fisik bisa tetap sehat dan mood juga tetap naik. 

Kebugaran tubuh dan mood yang bahagia menjadi hal yang penting untuk menjaga produktivitas. Olahraga ringan yang dapat dilakukan yaitu senam lantai jalan santai, yoga, atau jogging ringan di sore hari sembari ngabuburit atau menunggu waktu berbuka.

6. Isi Waktu Luang Untuk Beribadah

Tips produktif saat puasa yang lainnya yaitu Anda bisa mengisi waktu luang dengan beribadah. Daripada harus mengisi waktu dengan kegiatan yang tidak penting, lebih baik Anda mengisinya dengan beribadah seperti tadarus. 

Kegiatan tersebut merupakan kegiatan positif yang sekaligus menambah pahala. Lakukan ini untuk menunggu buka puasa atau sembari mengisi waktu luang di siang hari.

Beribadah menjadi poin penting dalam bulan puasa. Apabila sebelumnya Anda sulit untuk melakukan ibadah, maka di bulan puasa ini merupakan waktu yang tepat untuk memperbaiki ritme ibadah. Jangan lupa untuk melakukan segala kegiatannya dengan ikhlas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro