Cemas/hipnoterapi.com
Health

20 Tips Melepaskan Beban Emosional yang Menghambat

Sabina Arla Yogandini
Selasa, 11 April 2023 - 18:20
Bagikan

11. Fokus pada apa yang bisa Anda kendalikan

Pikiran Anda akan mudah dikuasai oleh hal negatif  ketika Anda sedang merasa khawatir atau cemas akan sesuatu. Anda bisa mengatasinya dengan selembar kertas dan membuat tiga kolom. Pada kolom pertama tuliskan semua hal tentang situasi Anda yang dapat Anda kendalikan, kolom kedua tuliskan hal-hal yang dapat Anda pengaruhi, dan kolom ketiga tambahkan aspek-aspek yang berada di luar kendali Anda. Ketika membuat itu, Anda hanya perlu fokus pada hal apa yang dapat Anda ubah.

12. Belilah sebuah jam alarm

Gunakan jam weker kuno untuk kamar tidur Anda dibanding ponsel sebagai alarm Anda. taruhlah ponsel yang jauh dari jangkauan Anda. Hal itu dilakukan agar Anda tidak tergoda untuk melihat email kantor atau menonton TikTok dengan waktu yang lama ketika Anda seharusnya beristirahat. Hal ini juga akan mencegah Anda merasa lelah di malam hari sehingga Anda tidak akan terlalu lelah di siang hari.

13. Berlatihlah bersyukur setiap hari

Mulailah pagi Anda dengan memikirkan hal yang dapat Anda syukuri, seperti tempat tidur yang hangat atau pesan yang baik dari seorang teman. Lakukan hal yang sama di malam hari sebelum Anda tidur agar terhindar dari pikiran negatif yang membebankan diri Anda.

14. Pantau pemicu Anda

Ketika kita merasa kesal atau terluka oleh perkataan seseorang, ini adalah kesempatan yang baik untuk melihat apa yang membuat kita marah dan melepaskannya. Jika Anda menyadari bahwa diri Anda terpicu, tulislah keyakinan yang Anda miliki tentang diri Anda pada saat itu, serta pemikiran Anda tentang situasi dan orang lain. Semakin Anda terbiasa dengan beban dan pemicu Anda sendiri, semakin sedikit pula kekuatan yang mereka miliki atas diri Anda.

15. Buatlah catatan harian pemikiran

Jika Anda tidak mendapatkan hasil yang Anda inginkan atau Anda mengulangi pola yang sama, cobalah untuk membuat catatan harian. Hal ini akan membantu Anda merenungkan situasi yang sekiranya membuat Anda merasa cemas atau tidak bahagia sehingga Anda dapat melihat perubahan yang mungkin dapat Anda lakukan.

16. Buatlah rencana untuk merapikan

Kekacauan akan mempengaruhi suasana hati Anda, tetapi bukan hal yang mudah pula untuk merapikan kekacauan tersebut. Mulailah dengan mengidentifikasi titik-titik yang berantakan dan bayangkan bagaimana peletakan barang-barang tersebut terlihat. Pisahkan menjadi beberapa bagian kecil, ambil foto "sebelum" dirapikan agar Anda bisa memantau kemajuan Anda. Setelah itu, masukkan barang yang tidak terpakai ke dalam kantong khusus untuk didaur ulang, dibuang, dijual, dan disumbangkan.

17. Ukur tingkat stres Anda

Sangat mudah untuk tertidur dalam keadaan stres saat Anda bekerja secara autopilot. Tuliskan semua hal yang Anda hadapi dan beri nilai kecemasan yang Anda rasakan dari 1 sampai 10. Kemudian susunlah daftar tersebut dari yang paling rendah ke yang paling tinggi, buatlah rencana kedepan untuk setiap situasi. 

18. Buatlah catatan tentang pencapaian kerja Anda

Terkadang sulit untuk mengenali keberhasilan diri sendiri, terutama di tempat kerja yang semuanya serba cepat. Untuk itu, Anda dapat menulis catatan pencapaian Anda secara teratur karena hal itu dapat meningkatkan kepercayaan diri Anda dan menjadi modal awal yang Anda perlukan untuk menegosiasikan promosi atau kenaikan gaji ketika ada kesempatan di kemudian hari. 

19. Lakukan audit energi

Hal yang dianggap sebagai beban sering kali merupakan kebiasaan, situasi atau lingkungan yang menguras energi Anda. Audit energi adalah latihan sederhana yang membantu Anda mengidentifikasi hal-hal yang mempengaruhi kehidupan Anda. 

20. Buat daftar jaringan pendukung Anda

Ketika Anda merasa kesulitan dalam menghadapi sesuatu, mungkin sulit menemukan orang yang tepat untuk bersandar. Untuk itu, Anda dapat membuat daftar orang yang bisa dihubungi untuk setiap situasi. Sebagai contoh, Anda dapat mencantumkan orang-orang yang pandai membantu secara praktis atau memberikan nasihat, serta teman-teman yang dapat menjadi pendengar yang baik dan akan memberikan ruang yang Anda butuhkan untuk membicarakan perasaan yang tengah Anda alami.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro