Karir/hpc-asia.karir.com
Relationship

Tips Kembali Produktif dan Semangat Kerja Setelah Libur Panjang

Arlina Laras
Selasa, 25 April 2023 - 16:56
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Setelah menikmati libur lebaran yang panjang, kini saatnya untuk kembali ke rutinitas kerja yang normal.

Namun, bagi beberapa orang, kembali ke aktivitas sehari-hari setelah liburan bisa menjadi tantangan tersendiri. Mengalami jet-lag dan kurangnya semangat adalah beberapa masalah yang sering dialami, yang mengakibatkan produktivitas dan efisiensi menurun.

Perasaan sedih setelah liburan usai, atau yang dikenal sebagai Post-Holiday Blues juga menjadi fenomena umum yang kerap terjadi. Hal ini disebabkan oleh perubahan yang terjadi setelah kita kembali dari liburan yang menyenangkan. 

Berikut sejumlah tips yang bisa dilakukan untuk membantu mengatasi Post-Holiday Blues sekaligus meningkatkan produktivitas pascaliburan panjang. Simak ulasannya. 

1. Buat Daftar Tugas

Setelah menghabiskan libur lebaran panjang, seringkali kita dihadapkan dengan tumpukan tugas yang menanti di tempat kerja. 

Agar tidak terintimidasi dengan jumlah tugas yang banyak, langkah pertama yang bisa diambil adalah membuat daftar tugas. 

Pisahkan tugas yang harus diselesaikan dan prioritaskan berdasarkan tingkat kepentingannya. Anda bahkan dapat mempertimbangkan untuk membuat beberapa daftar tugas jika merasa perlu.

Mulailah dari yang paling mudah atau yang bisa diselesaikan dengan cepat, sehingga dapat memberikan rasa pencapaian dan membangun momentum untuk menyelesaikan tugas-tugas berikutnya.

Setelah selesai dengan tiga tugas tersebut, pilih tiga tugas berikutnya dari daftar “Mendesak” Anda dan teruslah melakukannya dengan metode yang sama hingga semua tugas terlaksana.

Dengan membuat daftar tugas yang realistis dan memprioritaskan tugas-tugas yang paling mendesak, kita dapat mengurangi rasa cemas dan menghadapi tugas-tugas tersebut secara sistematis. 

2. Berinteraksi dengan Rekan Kerja

Melansir dari Inc, berinteraksi dengan rekan kerja mampu meningkatkan produktivits. Luangkan beberapa waktu untuk bisa membahas dengan rekan kerja mengenai pengalamannya libur Lebaran kemarin

Selain berinteraksi, berkumpul dengan rekan kerja satu tim juga bisa membantu mengembalikan produktivitas.

Tak perlu mengadakan meeting formal, Anda bisa mengadakan meeting kasual untuk membuat daftar pekerjaan yang perlu diprioritaskan.

Dengan cara ini, kamu bisa membantu anggota tim kamu untuk kembali semangat dalam menyelesaikan pekerjaannya.

3. Hindari Multitasking

Seringkali kita merasa bahwa melakukan multitasking dapat membantu kita menyelesaikan lebih banyak tugas dalam waktu yang lebih singkat. Namun, faktanya justru sebaliknya. 

Dilansir oleh Fast Company, dibutuhkan rata-rata 23 menit dan 15 detik untuk kembali fokus ke tugas setelah diganggu. Hal ini dapat menghabiskan waktu yang sangat banyak jika kita terus-menerus beralih antar tugas.

Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya kita memilih untuk fokus pada satu tugas pada satu waktu. Hal ini dapat membantu kita menyelesaikan tugas secara lebih efektif dan efisien.

4. Tetap Fokus

Selain itu, pastikan juga untuk menempatkan diri di tempat yang tepat. Menurut sebuah penelitian dari University of California, Irvine, ketika seseorang terganggu, dibutuhkan waktu 23 menit untuk kembali ke tugas semula. 

Maka, hindari tempat-tempat yang ramai atau bising yang dapat mengganggu konsentrasi. Cobalah untuk mencari tempat yang tenang dan nyaman di kantor, atau gunakan headphone untuk membantu menutupi suara-suara di sekitar. Dengan begitu, seseorang bisa fokus pada tugas yang harus diselesaikan.

5. Mengambil Istirahat Singkat

Sangat penting untuk menjaga keseimbangan antara bekerja dan beristirahat. Karyawan yang terus-menerus bekerja tanpa beristirahat, bahkan untuk waktu yang singkat, cenderung mengalami kelelahan dan stres yang dapat mempengaruhi kesehatan mental dan fisik mereka. 

Idealnya, karyawan harus mengambil istirahat singkat setiap beberapa jam, seperti 10-15 menit, dan mengisi waktu tersebut dengan berjalan-jalan atau melakukan latihan pernapasan.

6. Luangkan Waktu untuk Aktivitas Fisik Ringan

Aktivitas fisik dan olahraga ringan dapat membantu menjaga tingkat energi dan meningkatkan fokus. Setelah liburan panjang, biasanya tubuh kita membutuhkan waktu untuk kembali ke kondisi yang prima. 

Berikan waktu untuk melakukan aktivitas fisik yang menyenangkan seperti jogging ringan, berenang, atau yoga untuk membantu meredakan stres dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. 

Menurut Harvard Business Review, waktu yang dihabiskan untuk berolahraga dapat menghasilkan produktivitas yang lebih tinggi dan mengurangi risiko masalah kesehatan terkait pekerjaan seperti sakit punggung, sakit kepala, dan stres.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arlina Laras
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro