Ilustrasi sunblock/brilio.net
Fashion

Cuaca Panas Ekstrem? Sunscreen atau Sunblock, Mana yang Lebih Baik?

Elsa Hayati Sukma
Kamis, 27 April 2023 - 12:25
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Saat ini Asia sedang dilanda cuaca panas ekstrem yang menimpa beberapa negara salah satunya Indonesia. Cuaca ekstrem tersebut dapat menimbulkan beberapa macam penyakit terutama pada kulit dan wajah.

Setiap orang perlu untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari untuk menghindari dampak buruk yang diakibatkan dari sinar UVA dan UVB yang dapat membuat kulit menimbulkan penuaan dini hingga kanker.

Untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari memerlukan Sunscreen dan Sunblock. Kedua produk tersebut memiliki peran penting untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Namun, keduanya memiliki perbedaan dari fungsi serta kegunaanya bagi kulit.

Keduanya memiliki kandungan SPF atau sun protection factor yang memberikan durasi perlindungan yang tinggi bagi kesehatan kulit. Baik sunscreen maupun sunblock sama-sama memiliki fungsi untuk mencegah efek buruk sinar UV pada kulit.

Sunscreen adalah lotion pelindung dari paparan sinar matahari yang dapat menyerap ke dalam lapisan teratas kulit. Sunscreen biasanya melindungi kulit dari sinar UVB saja tetapi tidak melindungi kulit dari paparan sinar UVA yang dapat menyebabkan penuan dini pada wajah.

Sunscreen dapat digunakan untuk sehari-hari seperti kegiatan outdoor yang tidak terlalu lama karena memiliki formula yang ringan. Sunscreen biasanya dipakai untuk kulit wajah yang akan melindungi kulit dari sinar matahari.

Sunscreen memiliki kandungan SPF 10 yang dapat melindungi kulit 10 kali lipat dibawah sinar matahari. Sunscreen memiliki kandungan dalam bahan aktif nya berupa oxybenzone, avobenzone, octisalate, octocrylene, homosalate atau octinoxate.

Sementara untuk sunblock merupakan lotion pelindung dari paparan sinar matahari yang mengandung seng oksida atau titanium dioksida dengan kegunaannya dapat melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB.

Sunblock dapat digunakan saat sedang beraktivitas di bawah paparan sinar matahari seperti olahraga, konser atau pantai. Hal ini karena sunblock memiliki perlindungan dengan bahan-bahan yang dapat membangun lapisan di atas permukaan kulit untuk melindungi kulit dari sinar matahari.

Saat sedang melaksanakan aktivitas di luar ruangan lebih banyak Anda lebih baik menggunakan sunblock karena kandungan lebih banyak dapat melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB.

Untuk menggunakan keduanya cukup oleskan secara merata pada area kulit yang diinginkan. Untuk sunscreen dapat dioleskan untuk kulit wajah karena aktivitas sehari-hari yang cukup ringan, sedangkan sunblock dapat digunakan saat banyak beraktivitas diluar ruangan seperti olahraga yang membuat kulit lebih banyak terkena paparan sinar matahari lebih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro