Makanan khas Makassar/Freepik
Kuliner

6 Makanan Khas Makassar yang Wajib Kamu Coba, Rasanya Enak!

Hana Fathina
Jumat, 28 April 2023 - 12:08
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Makanan khas makassar yang sudah populer, saat ini tidak hanya ada di daerah itu sendiri, tetapi bisa ditemui di daerah yang lain. Tetapi, mencoba kuliner khas di tempat makanan itu berasal adalah favorit para traveler. Jika kamu berkunjung ke makassar, jangan lupa untuk mencoba aneka makanan khas Makassar yang mungkin tidak akan kamu temukan di tempat lain. 

Setiap daerah memiliki ciri khas masing-masing, termasuk kulinernya. Jika kamu berkunjung ke Makassar ada banyak pilihan kuliner yang bisa kamu coba mulai dari menu makan, lauk pauk, cemilan, hingga minuman yang diolah beraneka jenis dengan nama unik. 

Berikut ini adalah beberapa makanan khas Makassar yang sudah dilansir dari berbagai sumber: 

  1. Coto Makassar 
    Berkunjung ke Makassar rasanya belum lengkap jika tidak mencoba langsung kuliner di daerah asalnya. Coto makassar merupakan hidangan berkuah yang berbahan dasar daging dan jeroan sapi yang dibumbui dengan aneka rempuh. Bumbu yang sering digunakan dalam makanan khas makassar ini dengan sebutan ampah patang pulo dengan daging sapi yang dipadu dengan kuah kental gurih dan taburan daun bawang tentu memberikan sensasi kelezatan yang begitu memanjakan lidah. 
  2. Sop konro 
    Selain coto Makassar, ada lagi satu hidangan yang berkuah gurih dan lezat termasuk sajian khas Makassar. Makanan khas Makassar yang satu ini memiliki warna yang gelap karena menggunakan bumbu kluwak seperti yang digunakan untuk Rawon khas Jawa Timur. Bahan dasar sup konro adalah daging dan iga sapi yang direbus bersama dengan air asam jawa, kayu manis, dan aneka bumbu rempah. Hasilnya makanan ini menawarkan cita rasa yang sangat kaya. 
  3. Pallubasa
    Bahan dasar dari makanan ini adalah jeroan sapi dan kerbau. Bahan dasar tersebut dimasak dalam waktu lama dengan aneka bumbu rempah. Pallubasa biasanya disajikan bersama dengan nasi putih. Ciri makanan khas Makassar ini dari segi tampilan hampir sama dengan makanan berkuah khas Makassar lainnya. Sajian ini memiliki kuah yang lebih kental dengan warna kecoklatan.
  4. Pallumara 
    Warna kuning dari sup ini ini berasal dari bumbu yang menggunakan kunyit. Bumbu lainnya yang digunakan untuk hidangan ini adalah asam jawa, bawang merah, bawang putih, jahe, cabe dan daun jeruk. Cara membuat Pallumara juga sangat sederhana yaitu ikan dilumuri bumbu terlebih dahulu lalu dimasak dengan bumbu yang sudah ditumis. 
  5. Jalangkote  
    Pastinya kamu tidak asing dengan makanan ini. meskipun bentuknya hampir sama, jalangkote memiliki kulit yang lebih tipis, agak menggelembung dan isian yang berbeda dengan pastel khas jawa. Isi jalangkote terdiri dari kentang, toge, wortel dan laksa yang dipadukan dengan rempah-rempah. 
  6. Mie titi 
    Mie titi bentuknya lurus mirip dengan mie lidi, tetapi lebih tebal. Bukan mie rebus biasa, mie titi yang terkenal gurih disiram kuah kental yang dibuat dari telur dan tepung maizena, kemudian ditambahkan bahan pelengkap seperti sayur, ayam, ikan, bakso dan sebagainya. 
  7. Sup ubi
    Sop ini berbahan utama ubi kayu dan beberapa bahan yang mudah ditemukan, itulah kenapa makanan khas Makassar yang satu ini sangat familiar di masyarakat. Selain ubi goreng, sop berkuah kuning mirip soto ini juga berisi laksa, daging ayam suwir, kacang goreng, tauge dan sayur. 
  8. Sop saudara
    Meskipun nama nya sop, kuah masakan ini tidak bening melainkan lebih terlihat mirip soto karena berkuah santan. Sop saudara dibuat dari daging sapi dan bumbu rempah lalu disajikan dengan nasi putih dan ikan bakar saus kacang yang dijamin semakin menggugah selera. 
  9. Kue dange  
    Makanan khas makassar ini merupakan jajanan tradisional khas daerah pangkep yang saat ini sudah mulai susah dicari. Dulunya kue Dange ini dijadikan sebagai makanan pokok karena terbuat dari tepung ketan hitam yang dicampur dengan kelapa parut, gula merah dan garam. 
  10. Kue sikaporo 
    Kue sikaporo ini memiliki tampilan yang cantik dengan warna kuning yang cerah dan dipadukan dengan warna hijau yang segar lalu dicetak dalam Loyang berbentuk kelopak bunga sehingga membuatnya semakin terlihat menarik.


Itulah beberapa makanan khas Makassar yang perlu kamu coba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hana Fathina
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro