Manfaat mendengar musik bagi orang tua/Skoove
Health

Ini Manfaat Ajaib Mendengar Musik, Efektif Bagi Penderita Alzheimer dan Demensia

Sabina Arla Yogandini
Senin, 8 Mei 2023 - 18:22
Bagikan

Dilansir  dari Healthline, adapun intervensi musik yang dapat membantu dengan cara-cara sebagai berikut: 

1. Meningkatkan daya ingat

Musik dapat membantu penderita Alzheimer mengingat kembali detail-detail dalam hidupnya. Adapun ingatan akan otobiografi yang dihasilkan oleh musik, terutama jika mendengarkan musik yang sudah dikenal.

2. Meningkatkan kognisi

Sebuah penelitian tahun 2023 menemukan bahwa terapi musik membantu meningkatkan fungsi kognitif pada penderita Alzheimer, terlebih dengan menggunakan intervensi aktif. 

3. Mengurangi gejala perilaku dan psikologis

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa beberapa intervensi musik dapat membantu penderita demensia mengurangi gejala kecemasan, depresi, agitasi, apatis. Akan menjadi efektif apabila bernyanyi dan menggunakan gabungan teknik musik. 

3. Meningkatkan kefasihan verbal

Sebuah penelitian menemukan bahwa terapi musik dapat meningkatkan kemampuan bahasa dan verbal pada penderita demensia. Bernyanyi, menulis lagu, dan membaca lirik lagu juga dapat membantu meningkatkan keterampilan ini. 

4. Meningkatkan kualitas hidup

Dengan adanya musik juga dapat membantu meningkatkan kualitas hidup yang berhubungan dengan kesehatan mental pada penderita Alzheimer ketika terapi musik ditambahkan ke dalam perawatan standar mereka. 

Tidak ada genre spesifik yang dapat didengarkan oleh penderita Alzheimer atau demensia. AMTA mengungkapkan bahwa orang dengan penderita tersebut dapat mendengarkan beberapa gaya musik. 

Intervensi aktif cenderung melibatkan musik yang dikenal oleh penderita Alzheimer. Hal ini berupa lagu-lagu dari budaya mereka, lagu-lagu klasik yang sudah dikenal (seperti "Ode to Joy" dari Beethoven), atau musik populer yang sudah dikenal.

Di sisi lain, Beynon berpendapat bahwa ada baiknya penderita tersebut memasukkan musik baru. Misalnya, musik populer dari tahun 1940-an hingga 1990-an untuk mendorong ingatan serta mengingat kembali kenangan, tetapi juga menyertakan musik paduan suara yang mungkin tidak mereka ketahui sehingga dapat mendorong pembelajaran yang baru seperti  You'll Never Walk Alone, Moon River,  medley dari "The Sound of Music,” dan lainnya. 

Namun, terapi musik juga memiliki beberapa risiko bagi penderita Alzheimer atau demensia.  Kerap kali terapi ini dapat meningkatkan kecemasan akibat partisipasi aktif dalam musik. Selain itu, kesalahan dalam memilih musik juga berisiko negatif seperti stimulasi berlebihan, kecemasan atau kebingungan, dan memicu ingatan negatif.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro