11 Makanan Khas Risau, Bisa Menjadi Oleh-oleh - bolu kemojo (wikimedia commons)
Kuliner

Ini 11 Makanan Khas Riau, Bisa Menjadi Oleh-oleh

Nuraini
Kamis, 11 Mei 2023 - 21:28
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Salah satu makanan khas Riau adalah gulai ikan patin. Tidak hanya gulai ikan patin, ternyata masih banyak makanan khas Kepulauan Riau yang harus Anda cicipi kalau berwisata kesana. 

Bahkan di Riau banyak makanan ringan khas yang bisa dijadikan buah tangan. Lantas, apa saja makanan khas dan makanan ringan dari Riau? Simak penjelasannya disini. 

Rekomendasi Makanan Khas Riau

Di daerah Riau sebagian makanannya berbahan dasar ikan, salah satunya gulai ikan patin. Selain gulai ikan patin, berikut ini lima rekomendasi makanan khas Kepulauan Riau.  

  • Bacah Daging

Makanan khas Riau ini sekilas mirip dengan rendang dan dendeng. Cara makan bacah daging tidak bersama dengan nasi, tetapi dengan ketupat. Biasanya dihidangkan pada saat hari raya Idul Fitri. 

  • Mie Tarempa 

Mie tarempa disebut juga dengan mie siantan. Terbuat dari mie kuning dengan campuran telur, udang, tauge, cabai rawit, dan kecap. 

Umumnya makanan khas Riau ini disajikan tanpa kuah. Namun, bisa juga dimakan bersama dengan kuah. 

  • Mie Lendir

Tampilannya mirip dengan mie pada umumnya. Keistimewaan mie lendir berada di kuah kentalnya yang nikmat. 

  • Cincalok

Cincalok terbuat dari dasar udang genus Acetes. Udang yang sudah dibersihkan, dicampur dengan garam, dan didiamkan di wadah tembikar dengan ditutup kain selama 20 – 30 hari. Setelah sebulan diawetkan, cincalok dapat dicampur dengan sambal ataupun ikan asin agar siap untuk disantap. 

  • Lakse Kuah

Dalam Bahasa Melayu, lakse artinya laksa. Lakse terbuat dari mie sagu dengan bumbu yang terdiri atas ikan tongkol dan teri yang sudah halus, ketumbar, cabai, adas manis, bawang merah dan putih, jintan putih, kunyit, dan jahe. Kuah lakse berwarna kemerahan dengan rasa sedikit pedas dan gurih. 

Rekomendasi Makanan Ringan Khas Riau

Berburu buah tangan menjadi hal paling seru ketika berwisata. Berikut ini enam rekomendasi makanan ringan khas Riau yang bisa Anda beli untuk dibawa pulang ke tempat asal.

  • Kerupuk Ikan Tenggiri

Kerupuk ikan tenggiri menjadi makanan khas Riau yang cukup terkenal. Terbuat dari ikan tenggiri segar yang diolah menjadi kerupuk dengan cita rasa gurih dan tekstur renyah. Biasanya kerupuk ikan tenggiri disebut juga dengan nama Amplang. 

  • Roti Jala

Roti jala berasal dari olahan tepung terigu yang disajikan bersama dengan saus durian yang manis. Tidak hanya disajikan dengan saus durian, roti jala juga bisa dimakan dengan kari daging ayam, sapi, ataupun kambing.

  • Bolu Kemojo

Kue khas Riau ini memiliki bentuk menyerupai bunga kamboja. Bolu kemojo terbuat dari tepung terigu, gula pasir, mentega, telur, santan, dan labu kuning. Kue ini sudah biasa dijadikan sebagai oleh-oleh khas Riau oleh para wisatawan.

  • Kacang Pukul Bagan Siapi-Api

Kuliner khas Kepulauan Riau yang satu ini juga biasa dijadikan oleh-oleh. Terbuat dari kacang tanah yang diproses dengan cara dipukul-pukul hingga mengambang. Rasanya sedikit manis dan gurih.

  • Keripik Nenas

Makanan khas Melayu Riau ini terbuat dari nanas yang dipotong dan digoreng kering. Rasanya manis dan sedikit asam. Saking enak dan renyah, keripik nenas ini sering dijadikan oleh-oleh khas Riau. 

  • Kek Pisang Batam

Dalam Bahasa Melayu, kek artinya kue. Kue khas Riau ini terbuat dari bahan dasar pisang. Ada yang menjualnya dengan rasa original, ataupun dengan campuran rasa seperti choconut, blackforest, banana bread, blueberry, hingga pandan keju. 

Itulah rekomendasi makanan khas Riau beserta makanan ringannya. Anda bisa membeli makanan ringan tersebut sebagai buah tangan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro