Makanan Khas Sumatera Selatan dengan Cita Rasa Lezatnya (pixabay)
Kuliner

Makanan Khas Sumatera Selatan dengan Cita Rasa Lezatnya

Nuraini
Selasa, 16 Mei 2023 - 17:46
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Makanan khas Sumatera Selatan telah menyebar ke kota-kota lain dan bahkan mancanegara.

Terutama makanan yang bisa dijadikan oleh-oleh. Secara umum, hidangan dari daerah tersebut berupa olahan ikan yang divariasikan dan bisa untuk santap pagi, siang, malam dan juga cemilan. 

Makanan Tradisional Sumatera Selatan yang Rasanya Khas

Sumatera Selatan terkenal dengan makanan tradisional yang terbuat dari ikan. Biasanya, makanan terbuat membutuhkan waktu masak yang lama. Oleh karena itu, banyak orang membeli makanan Sumatera Selatan karena lebih praktis. Bila Anda berminat, berikut ini beberapa pilihan makanan adat Sumatera Selatan yang patut dicicipi. 

  • Pempek 

Sudah jadi rahasia umum kalau makanan khas Sumatera Selatan adalah Pempek. Provinsi ini memang identik dengan Kota Palembang yang dikenal dengan pempek. Makanan ini terbuat dari tepung tapioka bercampur dengan daging ikan halus yang dibuat menjadi berbagai bentuk. Lalu, direbus dan didiamkan hingga dingin. Kalau ingin dimakan, tinggal digoreng bersama kuah cuko yang merupakan campuran gula merah dan cabai. 

  • Model

Makanan khas dari Sumatera Selatan ini terbuat dari adonan yang sama dengan pempek. Yang berbeda adalah isiannya yang memakai tahu dan bukan telor. Kuahnya memakai kaldu udang dengan bihun dan timun. Sehingga memberikan citra rasa yang lezat yang khas. 

  • Mie Celor

Makanan tradisional khas Sumatera Selatan lainnya yaitu olahan ikan dan mie. Mie celor yang perpaduan antara  kuah santan dan kaldu ebi atau udang kering. Kuliner berkuah ini disajikan lengkap dengan tauge, irisan telur, daun seledri, bawang, seledri dan bawang goreng. Yang unik adalah mienya yang tebal mirip dengan udon. 

  • Kue 8 Jam

Palembang terkenal dengan kesultanannya yang populer dengan hidangan mewah. Salah satunya yaitu kue 8 jam khas Palembang. Sesuai namanya, kue ini memerlukan waktu delapan jam untuk dibuat. Biasanya kue ini populer saat hari Raya. Makanan khas sumatera selatan ini bahannya berupa telur bebek dalam jumlah banyak, gula pasir, susu kental manis, dan mentega. Resep aslinya tidak memakai tepung terigu.

  • Brengkes Tempoyak

Contoh makanan khas Sumatera Selatan yang memakai ikan adalah brengkes tempoyak. Perpaduan antara ikan patin dan fermentasi durian memberikan cita rasa khas yang unik. Kemudian ikan dan durian dicampur dengan rempah-rempah dan memberikan rasa yang lezat. 

Oleh Oleh Khas Sumatera Selatan

Kunjungan Anda ke Sumatera Selatan akan lebih berkesan dengan membawa pulang oleh-oleh. Ada beberapa buah tangan khas dari daerah Sumatera yang khas dan cukup populer. Beberapa diantaranya, seperti berikut:

  • Kemplang

Kemplang adalah sejenis kerupuk yang berbahan dasar ikan. Teksturnya tebal dan renyah. Biasanya dijual dalam bungkus besar dan panjang. Sebungkus kemplang biasanya disertakan dengan sambal terasi yang khas. 

  • Lempok durian

Ini adalah makanan khas dari Sumatera Selatan yang menyerupai dodol dari daerah lain. Rasanya manis yang dibuat dengan dibakar memakai kayu bakar. Rasanya khas dengan paduan gula merah dan durian. 

  • Kue Pecah Seribu

Penganan berikut memiliki bentuk yang unik. Tekstur dalamnya lembut dan bagian luar kering dan pecah-pecah. Tapi hal ini bukan karena kesalahan pembuatan tapi memang disengaja. Rasa kuenya masih dan merupakan oleh-oleh khas Sumatera Selatan yang patut dicicipi.

Itulah beberapa makanan Khas Sumatera Selatan. Indonesia memang kaya dengan bahan makanan dan juga pengolahan. Sumatera Selatan memberikan banyak pilihan kuliner yang bisa jadi favorit keluarga. Selain itu, oleh-oleh dari sum-sel adalah buah tangan yang kerap orang beli untuk keluarga atau sahabat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro