Ini makanan Jepang yang rasanya enak/Pexels
Kuliner

Ini 6 Makanan Jepang Terpopuler yang Rasanya Enak

Nuraini
Rabu, 17 Mei 2023 - 18:34
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Jepang merupakan salah satu negara tujuan wisata. Salah satu daya tarik dari negara ini yaitu makanan Jepang yang rasanya enak dan unik. 

Meski sudah banyak dijumpai di beberapa negara, mencicipi makanan langsung dari negara asalnya tentu memberikan pengalaman yang berbeda.

Jika Anda hendak berkunjung ke Jepang, jangan lupa untuk mencicipi makanan khas dari negara tersebut. Berikut beberapa makanan dari negara sakura yang sayang untuk dilewatkan.

Pilihan Makanan Khas Jepang

1. Ramen

Siapa yang tak kenal dengan makanan dari Jepang yang satu ini. Ramen adalah perpaduan antara sup dan mie Jepang yang berada pada daftar makanan terenak di dunia. Variasi topping dan isian ramen tidak terhitung jumlahnya. Namun, di dalam ramen pastinya ada kaldu dan mie tipis. 

Untuk topping ramen yang paling umum di Jepang berupa irisan tipis daging babi rebus atau panggang dengan julukan chashu; telur baik itu direbus matang, setengah matang, ataupun mentah; irisan daun bawang; dan rumput laut kering. 

Di Indonesia sendiri, chashu sering digantikan dengan daging sapi atau ayam agar lebih terjamin kehalalannya. Ramen biasa dimakan menggunakan sumpit dan sendok sup.

2. Sushi

Nama makanan Jepang paling populer berikutnya yaitu sushi. Makanan ini merupakan sajian nasi yang dipadukan dengan berbagai bahan makanan yang berasal dari laut. Tidak kalah dari ramen, makanan dari Jepang ini memiliki jenis variasi yang cukup banyak. 

Variasi sushi yang sering ditemui di Indonesia yaitu Nigirizushi yaitu berupa bola nasi kecil dengan bahan laut di atasnya, seperti tuna, udang, belut, cumi-cumi, gurita, dan telur goreng. Ada juga Norimaki berupa paduan nasi sushi dengan makanan laut yang digulung dengan kemasan rumput laut kering.

3. Takoyaki

Apabila diterjemahkan, nama makanan Jepang ini memiliki arti gurita panggang. Takoyaki adalah makanan goreng berbentuk bulat yang terbuat dari adonan tepung dan telur serta dashi (kaldu khas jepang) dengan isian potongan kecil gurita, daun bawang, jahe serta garam sebagai bumbu penyedapnya. Makanan tradisional Jepang yang satu ini biasa ditemui pada saat perayaan festival musim panas.

4. Udon

Seperti halnya ramen, udon adalah makanan tradisional Jepang yang berupa perpaduan mie dan kaldu. Bedanya, udon terbuat dari dashi sebagai kuahnya, dengan mie lebih tebal yang terbuat dari tepung terigu, air, dan garam. 

Uniknya, terkadang udon disajikan bukan menggunakan kuah kaldu panas, tapi menggunakan kuah dingin. Sajian paling sederhana dari makanan jepang ini bernama kek udon yaitu menyajikan mie udon menggunakan kuah yang berasal dari perpaduan dashi, kecap, dan mirin (alkohol masak).

5. Onigiri

Nama makanan Jepang ini berasal dari nigiru yang berarti meremas atau mengepal. Onigiri sering mendapat julukan lemper Jepang oleh pemuda Indonesia karena sama-sama berupa nasi kepal isi. 

Bedanya, onigiri memiliki bentuk segitiga dan dilengkapi dengan nori (rumput laut kering) di bagian luarnya dengan isian berupa sayur dan daging. Onigiri sering dijadikan camilan dan bekal oleh masyarakat Jepang. 

Oleh karena itu, makanan tradisional Jepang ini mudah untuk ditemui di tempat-tempat umum seperti supermarket atau konbini.

6. Dorayaki

Kaum milenial pasti familiar dengan nama makanan Jepang yang satu ini. Dorayaki merupakan kue yang sering muncul di serial kartun Doraemon. Dorayaki adalah makanan tradisional Jepang yang berupa pancake madu lembut dengan isian kacang azuki (kacang merah kecil). 

Kini, dorayaki tersedia dengan berbagai varian isi, seperti coklat, krim kocok, dan juga selai. Dorayaki sangat cocok bagi kalian pecinta kue desert lembut namun dengan cita rasa yang tidak terlalu manis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro