10 Rekomendasi Makanan Khas Pontianak, Wajib Disantap! - Pisang Goreng Srikaya (Instagram.com/kopilimkoktong)
Kuliner

10 Rekomendasi Makanan Khas Pontianak, Wajib Disantap!

Nuraini
Rabu, 17 Mei 2023 - 18:43
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pontianak menjadi ibu kota Kalimantan Barat yang diberi julukan sebagai kota Khatulistiwa.

Jadi, tidak mengherankan kalau Pontianak memiliki daya tarik luar biasa sebagai tempat wisata. Selain tempat wisata yang menarik, makanan khas Pontianak juga menjadi daya tarik lainnya bagi wisatawan. 

Jika Anda hendak menjadikan Pontianak sebagai tujuan wisata, sangat disarankan untuk menyantap satu atau lebih makanan khas dari daerah tersebut. Berikut ini pilihan makanan dari Pontianak yang wajib dinikmati. 

Rekomendasi Makanan Khas Pontianak

1. Pisang Goreng Srikaya Pontianak

Salah satu makanan khas Pontianak adalah pisang goreng srikaya. Pisang ini terbuat dari pisang nipah yang hanya bisa dijumpai di Pontianak. Cara membuatnya sangat mudah, hanya dengan menggoreng pisang dan menambahkan selai srikaya di atasnya. Cocok dimakan saat pagi dan sore hari.

2. Jorong-Jorong Pontianak

Makanan khas Pontianak ini dapat dijumpai selama bulan Ramadhan. Terbuat dari campuran beras dan santan kelapa yang dimasukkan ke dalam wadah daun pisang berbentuk persegi. Kemudian, adonan dikukus. Enak disajikan bersama dengan gula merah cair sehingga tercipta rasa manis dan gurih yang nikmat. 

3. Burung Punai

Burung punai banyak ditemukan di Pontianak sehingga penduduk setempat banyak menangkapnya dan mengolahnya menjadi masakan. Makanan yang satu ini terkenal di Pontianak.

Burung punai biasa disajikan dengan cara digoreng ataupun dibakar. Tekstur dagingnya lembut dengan cita rasa gurih yang dapat memanjakan lidah. 

4. Sotong Pangkong

Sotong pangkong dibuat dengan cara dikeringkan dan dipanggang. Caranya dengan menjemur cumi setelah dicuci bersih. Jika telah kering, cumi sudah bisa dipanggang sambil dipukul-pukul agar teksturnya menjadi lebih lembut dan empuk. 

5. Kue Kantong Semar Pontianak

Terdapat makanan tradisional Pontianak yang dibungkus dengan tanaman kantong semar. Hal inilah yang membuat makanan ini dinamakan dengan kue kantong semar. Terbuat dari campuran beras pulut dan kacang merah yang dibungkus dengan tanaman kantong semar untuk dikukus. 

6. Pengkang

Pengkang termasuk makanan tradisional Pontianak yang bentuknya mirip dengan lemper. Lemper dikukus, sementara pengkang dibakar. Pengkang terbuat dari campuran beras ketan dan ebi yang dibungkus dengan menggunakan daun pisang yang dibentuk kerucut dan diikat dengan bambu untuk dibakar. Biasanya dimakan bersama sambal kerang atau sambal kepah. 

7. Lek Tau Suan Pontianak

Lek Tau Suan cocok dinikmati saat masih hangat di tengah dinginnya malam. Makanan ini mirip dengan kacang kuah karena terbuat dari kacang kedelai yang dicampur dengan kuah kental. Kuahnya terbuat dari campuran air, gula pasir, tepung tapioka, dan daun pandan. Biasanya dimakan bersama dengan potongan cakwe yang membuat makanan ini jauh lebih lezat. 

8. Kiam Ko Kwe

Kiam ko kwe adalah makanan khas daerah Pontianak yang berbahan dasar tepung beras dan tepung tapioka. Cara penyajiannya ditambahkan dengan abon ataupun potongan daging ayam cincang.

9. Kakap Asam Manis Pedas

Makanan khas Pontianak ini cocok untuk lidah yang suka pedas. Kakap asam manis pedas dibuat dengan cara merebus ikan kakap dengan bumbu kuning yang bercita rasa asam pedas.

Asamnya berasal dari potongan nanas atau tomat dan perasan lemon. Rasa pedasnya berasal dari cabai. Nah, kombinasi asam pedas ini yang membuat Anda ketagihan. 

10. Bubur Pedas Pontianak

Makanan khas Pontianak terakhir yaitu bubur pedas. Meskipun namanya bubur pedas, tetapi rasanya tidak pedas sama sekali. Nama pedas menggambarkan banyaknya sayuran dan rempah yang dimasukkan ke dalam bubur.

Bubur ini biasanya disajikan dengan toping kacang dan teri goreng. Kalau ingin mencobanya, Anda dapat mampir ke warung-warung di Pontianak. 

Itulah 10 rekomendasi makanan khas Pontianak yang dapat Anda coba ketika berada di  Pontianak. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro