10 Makanan Khas Lombok yang Mampu Menggoyang Lidah - Sate Bulayak (instagram.com/onta.apps)
Kuliner

10 Makanan Khas Lombok Paling Recommended bagi Wisatawan

Nuraini
Rabu, 17 Mei 2023 - 19:21
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Lombok terkenal dengan keindahan pantai dan pegunungan. Jadi, tidak mengherankan kalau Lombok memiliki daya tarik luar biasa bagi wisatawan untuk sekadar berlibur. Tidak hanya itu, makanan khas Lombok juga menjadi daya tarik lainnya yang menarik wisatawan. 

Kalau sewaktu-waktu Anda menjadikan Lombok sebagai tujuan wisata, sangat disarankan untuk menyantap satu atau lebih makanan khas di bawah ini supaya liburan jadi jauh lebih seru. Apa saja makanan khas Lombok yang dimaksud? Simak rekomendasinya di bawah ini.  

Rekomendasi Makanan Khas Lombok

1. Ayam Pelalah Lombok

Salah satu makanan khas Lombok adalah ayam pelalah Lombok. Tampilan makanan ini mirip dengan ayam balado, hanya saja ayam pelalah memiliki cita rasa manis pedas yang menggugah selera. Ayam dimasak dengan cara dibakar. Sementara, bumbu ditumis hingga harum dan ditambahkan air hingga mengental. 

Lalu, potongan ayam yang telah dibakar ditambahkan ke dalam bumbu tersebut hingga meresap. Makanan Lombok ini lebih enak dimakan bersama dengan nasi hangat dan plecing kangkung. 

2. Ayam Rarang

Dinamakan dengan ayam rarang karena pertama kali dibuat di Desa Rarang. Makanan khas Lombok ini tidak sepedas ayam taliwang. Bumbu ayam rarang hanya terbuat dari sambal dan cabai rawit. 

3. Sate Bulayak

Sate makanan khas lombok ini dimakan dengan bulayak atau sejenis lontong yang terbungkus dengan daun aren. Bumbu satenya terbuat dari kacang tanah sangrai yang ditumbuk dan dimasak dengan santan dan rempah pilihan. Sate yang biasa digunakan antara lain daging ayam, jeroan, ataupun daging sapi. 

4. Sate Pencok Khas Lombok

Umumnya sate terbuat dari daging, tetapi berbeda dengan sate pencok yang terbuat dari tepung sagu. Makanan Lombok yang satu ini enak dimakan bersama dengan bihun plecing. Tekstur kenyal sate dan bihun plecing yang nikmat memberikan sensasi makan unik dan lezat.

5. Sate Rembiga

Dinamakan sate rembiga karena berasal dari daerah Rembiga. Sate makanan khas lombok ini terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan bumbu rempah pilihan. Biasanya dimakan bersama dengan irisan lontong sehingga rasanya menjadi lebih enak dan mengenyangkan. 

6. Sayur Ares

Sayur ares termasuk makanan tradisional Lombok yang terbuat dari batang pisang yang masih muda. Cita rasa sayur ares gurih dan nikmat karena dimasak dengan santan dan rempah pilihan. 

Biasanya makanan ini hadir di acara pernikahan. Namun tidak perlu khawatir, Anda masih bisa menyantapnya dengan datang ke tempat makan di daerah Lombok. 

7. Kue Bantal

Makanan tradisional Lombok lainnya yakni kue bantal. Diberi nama bantal karena bentuknya yang mengembang seperti bantal. 

Kue bantal terbuat dari beras ketan yang dicampur dengan kelapa parut dan sedikit garam. Untuk isiannya bisa diisi dengan kacang merah atau pisang. Kemudian, tinggal dibungkus dengan janur atau daun aren dan rebus hingga mengembang dan matang. 

8. Bebalung

Bebalung adalah makanan khas Lombok yang berupa sup berisi iga dan tulang sapi, kuda ataupun kerbau. Rasanya gurih dan pedas. 

Biasanya bebalung disajikan di acara adat. Namun, Anda masih dapat menemukannya dengan mudah di banyak rumah makan di Lombok. 

9. Poteng Jaje

Poteng jaje atau tape jajan tumbuk biasanya disajikan saat lebaran. Makanan ini terbuat dari bahan ketan putih dan tape. Masyarakat Lombok percaya kalau membuat makanan ini harus dalam keadaan suci agar poteng jaje tidak dianggap rusak. 

10. Kelaq

Rekomendasi makanan khas Lombok terakhir yaitu hidangan sayur berkuah yang dinamakan dengan kelaq. Terdapat banyak jenis kelaq diantaranya kelaq batih, kelaq telor, kelaq lebui, kelaq pedis panas, dan kelaq sebie. 

Kelaq batih terbuat dari biji buncis tua dan singkong muda. Kelaq telor terbuat dari daun kelor yang diolah jadi sayur bening. Kelaq lebui terbuat dari kacang lebui yang dijadikan sayur. 

Kelaq pedis terbuat dari kemangi yang dijadikan sayur asam pedas. Kelaq sebie terbuat dari terong, kacang panjang, dan tongkol yang dijadikan sayur pedas. 

Demikian 10 makanan khas Lombok yang dapat Anda coba ketika sedang di Lombok. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro