Ilustrasi kelaparan./Istimewa
Health

Ini 12 Makanan yang Membuat Makin Lapar Saat Dimakan

Salma Permata Dewi
Senin, 12 Juni 2023 - 13:21
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Setiap orang yang mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak, maka akan menguilangkan rasa lapar. Namun, ada beberapa makanan yang membuat perut semakin lapar saat dikonsumsi.

Saat seseorang mengonsumsi makanan dengan porsi sedikit agar tidak kelaparan, tetapi malah merasakan lapar.

Dilansir dari Time, dokter Belinda Lennerz, ahli endokrin dan peneliti di Rumah Sakit Anak Boston dan Sekolah Kedokteran Harvard, beberapa gigitan makanan dapat mengaktifkan bagian otak dan usus yang mendorong rasa lapar lebih banyak. 

“Penglihatan, penciuman, atau rasa dari beberapa makanan akan memicu respons makanan cephalic,” jelasnya mengenai proses usus yang aktif karena ada makanan.

Berikut beberapa makanan yang bisa mendorong rasa lapar lebih banyak dilansir dari WebMD:

1. Nasi putih

Nasi putih bisa menyebabkan kenaikan gula darah sehingga membuat tubuh merasa lapar lagi. Untuk menggantikan nasi putih, pilihlah nasi basmati atau nasi merah yang tidak mungkin menyebabkan reaksi lonjakan gula darah tersebut.

2. Yogurt rendah lemak

Yogurt sering dikonsumsi saat diet. Ternyata, memakan yogurt rendah lemak rasanya ingin menambahkannya terus menerus. Biasanya, versi rendah lemak sering mengandung pemanis yang dapat meningkatkan gula darah tanpa lemak susu yang dapat membantu merasa kenyang. Sebagai gantinya, pilih yogurt polos penuh lemak dengan granola, beri segar, dan kacang-kacangan yang lebih banyak serat.

3. Muffin

Muffin penuh dengan tepung putih olahan, gula, dan lemak. Muffin memiliki banyak kalori, tetapi tidak memuaskan rasa lapar. Oleh karena itu, muffin tidak dijadikan pilihan makanan utama yang baik.

4. Croissant

Croissant memiliki tekstur penuh serat, bermentega, dan sempurna dikonsumsi dengan minuman hangat saat sarapan. Namun, croissant memiliki skor yang sangat rendah pada indeks kenyang. Croissant juga memiliki banyak kalori dan lemak sehingga lebih baik dihindari untuk dijadikan sarapan.

5. Putih telur

Beberapa orang yang melakukan diet akan memisahkan kuning telur saat memakan telur utuh untuk mengurangi kalori. Padahal, kuning telur adalah protein lengkap alami dan mengonsuimsi putih telur saja bisa mendorong rasa lapar. Lalu, penelitian menunjukkan bahwa jumlah lemak jenuh dan kolesterol dalam telur utuh tidak akan berdampak buruk.

6. Sereal dengan pemanis buatan

Sereal dengan pemanis buatan dapat memengaruhi gula darah dan bisa membuat lebih lapar. Pilih sereal gandum dengan pemanis alami dari buah, madu, atau lainnya,

7. Jus buah

Jus buah tidak memiliki serat dari buah asalnya. Tanpa serat, gula darah dapat dengan cepat melonjak dan kemudian jatuh, lalu membuat lebih lapar. Konsumsi buah utuh, seperti apel dan anggur, karena membuat tubuh merasa kenyang dan memperlambat aliran gula ke aliran darah. 

8. Roti putih

Roti putih juga tidak memiliki serat atau nutrisi dari biji-bijian utuh yang dapat membuat merasa kenyang. Makanlah roti gandum sebagai gantinya. 

9. Kentang goreng

Kentang yang dipanggang atau direbus akan lebih membuat kenyang dibandingkan kentang yang digoreng. Kentang goreng akan kehilangan sebagian nutrisinya karena minyak dan garam. Kentang goreng biasanya memiliki lebih banyak lemak dan garam daripada kentang biasa.

10. Alkohol

Studi menunjukkan bahwa ketika minum alkohol, Anda cenderung makan lebih banyak kalori. Contohnya ketika minum alkohol biasanya ada banyak makanan pendamping, seperti burger, kentang goreng, pizza, dan lainnya.

11. Soda

Penelitian mengemukakan bahwa orang yang minum soda mendapatkan lebih banyak kalori dalam sehari. Para ilmuwan berpikir karena itulah yang membuat lapar atau membuat tidak merasa kenyang. Teori lain adalah gula dalam soda membuat gigi manis Anda semakin manis.

12. Donat

Donat memiliki banyak gula yang menumpuk kalori tanpa nutrisi apa pun. Tepung putih terurai dengan cepat menjadi gula dan glasir menambah lebih banyak lonjakan pada gula darah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro