Orang sedang membaca hasil tes kolesterol/freepik
Health

Cegah Kolesterol, Ini Makanan Harus Dihindari oleh Perempuan

Sabina Arla Yogandini
Jumat, 16 Juni 2023 - 13:57
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kolesterol adalah zat seperti lilin dan mirip lemak yang diproduksi oleh hati Anda. Kolesterol sangat penting untuk pembentukan membran sel, vitamin D, dan hormon-hormon tertentu. 

Namun, penting bagi Anda khususnya perempuan untuk menjaga agar kadar kolesterol tetap terkontrol. Sebenarnya, kolesterol itu sendiri tidak menimbulkan gejala, tetapi seiring dengan berjalannya waktu kolesterol tinggi dapat menyebabkan keadaan darurat seperti serangan jantung atau stroke. 

Dilansir dari Healthline, untuk mengetahui kadar kolesterol, maka perempuan dan pria perlu melakukan tes darah. Dikatakan tinggi apabila kadar kolesterol darah total di atas 200 miligram per desiliter (mg/dL). Apabila Anda suda berusia 20 tahun keatas cobalah untuk mengeceknya, kemudian periksakan kembali kolesterol Anda setiap 4 hingga 6 tahun.

Adapun hiperkolesterolemia familial atau kondisi genetik yang menyebabkan kolesterol tinggi. Orang dengan kondisi ini memiliki kadar kolesterol 300 mg/dL atau lebih tinggi. Kondisi ini dapat berkembang menjadi xantoma, yang dapat muncul sebagai bercak kuning di atas kulit, atau benjolan di bawah kulit.

Penumpukan plak yang disebabkan oleh kolesterol tinggi dapat menempatkan Anda pada risiko serius, yaitu berkurangnya suplai darah ke bagian penting otak Anda sehingga menyebabkan stroke dapat terjadi.

Ini cara untuk mencegah dan menurunkan kolesterol:

1. Berolahragalah hampir setiap hari dalam seminggu dan tingkatkan aktivitas fisik Anda

Aktivitas fisik yang ringan dapat membantu meningkatkan kolesterol high-density lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik. Anda dapat melakukan olahraga setidaknya 30 menit dalam lima kali seminggu atau aktivitas aerobik berat selama 20 menit tiga kali seminggu.

Selain itu, Anda juga dapat menambahkan aktivitas fisik olahraga dengan mengendarai sepeda, bermain olahraga favorit, atau mencari teman berolahraga agar termotivasi. 

cara mencegah kolesterol
cara mencegah kolesterol

2. Berhenti merokok

Berhenti merokok dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL Anda. dalam waktu 20 menit setelah Anda berhenti merokok,  tekanan darah dan detak jantung Anda kembali pulih dari lonjakan yang disebabkan oleh rokok. 

3. Menurunkan berat badan

Kelebihan berat badan akan berdampak pada kolesterol tinggi. Lakukanlah perubahan-perubahan kecil untuk menghindari diri dari penyebab kenaikan berat badan agar kadar kolesterol Anda terkendali. 

4. Minum alkohol secukupnya saja

Penggunaan alkohol dalam jumlah sedang berkaitan dengan tingkat kolesterol HDL yang lebih tinggi. Terlalu banyak minum alkohol dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius, termasuk tekanan darah tinggi, gagal jantung, dan stroke.

buah untuk mencegah kolesterol
buah untuk mencegah kolesterol

Dilansir Cleveland Clinic, adapun makanan yang direkomendasikan untuk membatasi atau menghindari makanan berkolesterol tinggi yang "tidak sehat" berikut ini:

1. Produk susu penuh lemak

Susu murni, mentega, dan yogurt mengandung lemak. Adapun  keju juga mengandung lemak jenuh yang tinggi. Anda bisa tetap mengonsumsinya dengan memilih  keju setengah-skim seperti keju Swiss atau mozzarella saat memasak. 

Minum susu skim (tanpa lemak), 1% atau 2% susu untuk mendapatkan asupan kalsium. Bila Anda ingin mengonsumsi yogurt, pastikan untuk mengkonsumsi yogurt yang rendah lemak. Sebagai pengganti mentega, cobalah untuk menggunakan minyak zaitun extra-virgin atau minyak alpukat.


2. Daging merah

Steak, daging sapi panggang, iga, daging babi, dan daging giling cenderung memiliki kandungan lemak jenuh dan kolesterol yang tinggi. Apabila ingin tetap mengonsumsinya, pilihlah potongan daging sapi tanpa lemak (seperti sirloin, tenderloin, filet atau flank steak, daging babi atau tenderloin). 


3. Daging olahan

Bacon, sosis, dan hot dog biasanya dibuat dari potongan daging sapi atau babi yang berlemak. Oleh karena itu, Anda perlu membatasi daging olahan karena kandungan natriumnya yang tinggi dan nutrisinya yang rendah. Jika Anda harus makan daging olahan, pilihlah sosis yang diproses secara minimal.


4. Makanan yang digoreng

Kentang goreng, ayam goreng dengan kulit, dan makanan lain yang dimasak dengan penggorengan mengandung lemak jenuh dan kolesterol yang tinggi dari minyak yang digunakan untuk menggoreng. Untuk itu, cobalah untuk memasaknya dengan minyak zaitun dan menggunakan air fryer agar lebih rendah lemak.  


5. Makanan yang dipanggang dan makanan manis

Biskuit, kue, dan donat biasanya mengandung mentega atau shortening, sehingga tinggi lemak jenuh dan kolesterol. Sebagai gantinya, cobalah untuk memilih resep yang tidak memerlukan mentega dalam jumlah yang banyak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro