Ilustrasi tidur siang
Health

Tidur Siang Bisa Meningkatkan Kesehatan Otak

Salma Permata Dewi
Senin, 26 Juni 2023 - 13:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Setiap kegiatan atau aktivitas pasti memiliki dampaknya, baik maupun buruk. Tidur siang memiliki dampak baik yang bisa dinikmati oleh tubuh karena dapat membantu meningkatkan kesehatan otak.

Tidur siang singkat, biasanya sekitar setengah jam lamanya, memiliki manfaat kesehatan seiring bertambahnya usia. Dilansir dari The Guardian, peneliti mengatakan bahwa tidur siang dikaitkan dengan volume otak yang lebih besar. Tidur siang harus dilakukan secara singkat karena tidur siang yang lama memberikan dampak buruk, seperti gejala awal penyakit Alzheimer.

Seiring bertambahnya usia, penyusutan otak akan terjadi pada tubuh manusia. Namun, penyusutan tersebut bisa mengalami percepatan jika seseorang memiliki masalah kognitif dan penyakit neurodegeneratif. Penelitian juga menunjukkan bahwa hal tersebut mungkin terkait dengan masalah tidur.

Dilansir dari Science Daily, sebuah studi dalam jurnal Sleep Health menganalisis data dan menemukan hubungan sebab akibat antara kebiasaan tidur siang dan total volume otak yang lebih besar. Hasil temuan tersebut menandakan kesehatan otak yang baik terkait dengan risiko demensia yang lebih rendah dan penyakit lainnya.

Menurut Dr. Victoria Garfield dari University College London, temuan mereka menunjukkan bahwa bagi sebagian orang, tidur siang singkat mungkin menjadi bagian dari teka-teki yang dapat membantu menjaga kesehatan otak saat bertambah usia. Studi sebelumnya telah menunjukkan bahwa tidur siang memiliki manfaat kognitif dan studi baru ini bertujuan untuk menentukan apakah ada hubungan sebab akibat antara tidur siang dan kesehatan otak.

Pada penelitian tersebut menunjukkan bahwa secara keseluruhan, orang-orang yang punya kebiasaan tidur siang memiliki total volume otak yang lebih besar. Para peneliti memperkirakan perbedaan rata-rata volume otak antara kedua kelompok, tidur siang dan tidak, setara dengan 2,6 hingga 6,5 ​​tahun penuaan. Penelitian ini memiliki keterbatasan karena semua peserta adalah orang kulit putih Eropa sehingga temuan ini tidak langsung digeneralisasikan ke etnis lain.

"Saya harap penelitian seperti ini menunjukkan manfaat kesehatan dari tidur siang singkat dan dapat membantu mengurangi stigma yang masih ada seputar tidur siang,” tambah Dr. Garfield.

Dilansir dari WebMD, tidur siang juga memiliki beberapa manfaat kesehatan yakni:

1. Meningkatkan daya ingat

Penelitian telah menunjukkan bahwa tidur memainkan peran penting dalam menyimpan ingatan. Tidur siang dapat membantu mengingat hal-hal yang dipelajari di awal hari sebanyak tidur malam penuh. Tidur siang berfungsi untuk mencegah Anda melupakan hal-hal seperti keterampilan motorik, persepsi indra, dan ingatan verbal juga.

2. Membantu menghubungan informasi

Tidur siang dapat membantu otak menarik hubungan antara hal-hal yang Anda ketahui. Dalam sebuah penelitian, orang yang tidur siang merasa lebih mudah mengumpulkan informasi yang mereka dapatkan di awal hari.

3. Meningkatkan mood

Jika merasa sedih, cobalah tidur siang untuk mengangkat suasana hati Anda. Tidur siang atau bahkan hanya beristirahat selama satu jam tanpa tertidur dapat mencerahkan pandangan Anda. Para ahli mengatakan relaksasi yang berasal dari berbaring dan istirahat adalah penguat suasana hati, baik tertidur atau tidak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro