Obat Asam Lambung/Pinterest
Health

Obat Asam Lambung Alami yang Mudah Ditemukan dan Paling Ampuh

Hana Fathina
Senin, 17 Juli 2023 - 16:26
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Asam lambung yang tinggi menimbulkan perasaan tidak nyaman pada perut, yang terkadang memicu mual dan muntah. Selain mengkonsumsi obat dari dokter, keluhan tersebut juga bisa diredakan dengan obat asam lambung alami. 

Terdapat beberapa bahan tradisional yang bisa menjadi obat asam lambung alami. Mulai dari buah-buahan, sayuran, dan rempah-rempah alami lainnya yang bisa ditemukan di sekitar kamu. 

Obat Asam Lambung Alami

1. Baking soda

Untuk menggunakan baking soda sebagai obat asam lambung, kamu bisa mencampurkan sebanyak ½ - 1 sendok teh baking soda dan segelas air.

Namun, bagi kamu yang sering mengalami sakit perut, baking soda bukan sebuah pilihan yang tepat. Baking soda mengandung kadar garam yang tinggi dan bisa menimbulkan mual serta pembengkakan. 

2. Cengkeh 

Tanaman cengkeh sering digunakan sebagai obat tradisional China untuk mengobati gangguan pencernaan. Hal ini karena cengkeh bersifat karminatif sehingga mampu mencegah pembentukan gas di saluran cerna. 

3. Daun Kemangi 

Sifat menenangkan dari daun kemangi bisa memberikan kamu bantuan instan dari asam lambung. Ketika muncul gas pertama, makan beberapa daun kemangi atau rebus 3-4 daun kemangi dalam secangkir air dan biarkan mendidih selama beberapa menit. 

4. Kunyit 

Kunyit termasuk obat asam lambung alami. Kandungan polifenol di dalamnya ternyata memiliki sifat anti-peradangan yang membantu meredakan asam lambung.

Menurut penelitian dari International Journal of Molecular Sciences (2019),  kunyit membantu mencegah peredangan pada gangguan lambung seperti penyakit GERD. 

5. Pala 

Dilansir dari Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro), tumbuhan pada bermanfaat sebagai obat herbal yang mampu menyembuhkan asam lambung dan menghentikan mual serta muntah. Biji pala bersifat karminatif, stomakik, antiemakik alias antimual. 

Obat Asam Lambung Tradisional 

6. Jahe 

Dikutip dari Food Science and Nutrition, jahe merupakan salah satu bahan tradisional yang berkhasiat untuk mengobati gejala asam lambung.

Jahe berperan aktif sebagai antibakteri dan efektif untuk membantu mencegah infeksi yang merupakan salah satu penyebab sakit perut. Selain itu, jahe bisa memberikan efek kehangatan yang bisa merilekskan tenggorokan, kerongkongan sehingga asam lambung bisa mereda. 

7. Oatmeal 

Oatmeal mengandung berbagai nutrisi yaitu antioksidan, vitamin B6, asam folat dan serat. Kombinasi nutrisi tersebut bisa menyerap asam berlebih pada lambung. Untuk mendapatkan manfaatnya, konsumsi oatmeal secara langsung sebagai sarapan sehari-hari untuk meredakan gejala asam lambung yang tidak nyaman. 

8. Daun Mint 

Penelitian membuktikan bahwa daun mint berkhasiat untuk mencegah masalah pada pencernaan. Selain itu, daun mint juga bisa melepaskan otot-otot pada kerongkongan dan mencegah asam lambung. Daun mint juga memiliki rasa yang menyegarkan, sehingga bisa membuat kamu nyaman dan rileks. 

9. Akar Manis 

Akar manis berfungsi untuk mengobati asam lambung berlebih dan mengatasi peradangan di sekitar lambung. Selain itu, rempah ini dipercaya bisa menghambat asam lambung agar tidak naik hingga kerongkongan. 

10. Teh Adas

Teh adas biasanya digunakan sebagai teh herbal tradisional yang mencegah asam berlebih pada lambung. Selain itu, mengonsumsi teh adas secara rutin bisa melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit. 

11. Yoghurt 

Kandungan probiotik dalam yoghurt bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dan mencegah berbagai penyakit. Selain itu, yoghurt juga memberikan efek dingin pada perut, sehingga efektif mengurangi peradangan karena asam berlebih di lambung. Kamu bisa mengonsumsi yoghurt yang dicampurkan dengan roti gandum utuh dan buah-buahan, seperti stroberi dan pisang. 

12. Jus Lidah Buaya

Kandungan alkali dalam lidah buaya bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan dan membantu mengatasi asam lambung naik. Caranya, konsumsi lidah buaya sebagai jus tanpa tambahan gula dan dicampur dengan buah-buahan segar lainnya. 

Ciri-ciri Sakit Asam Lambung 

  • Kesulitan menelan (disfagia). 
  • Sakit perut bagian atas atau dada. 
  • Bau mulut. 
  • Kesulitan bernapas. 
  • Mual dan muntah. 
  • Sensasi benjolan di tenggorokan. 
  • Regurgitasi (naiknya asam ke tenggorokan dan lambung). 

Itulah beberapa obat asam lambung alami yang bisa kamu coba untuk mengurangi asam lambung. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hana Fathina
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro