Pelajar mengakses aplikasi belajar daring Pijar/ Dok. Telkom
Health

Ini 10 Cara Menjaga Kesehatan Mental dan Manajemen Stres Bagi Pelajar

Maretha Uli
Sabtu, 22 Juli 2023 - 13:09
Bagikan

6. Mendengar Musik

Mendengarkan musik bisa menstimulasi pikiran dan meredakan stres. Musik upbeat terbukti bisa meningkatkan kecepatan otak memproses dan mengingat. Pelajar yang stres bisa menggunakan musik untuk menenangkan tubuh dan pikiran.


7. Membangun Support System

Dukungan emosional dari orang lain sangat membantu menghilangkan stres. Dukungan ini bisa didapat dari teman, pasangan, dan keluarga. Adanya support system membuat seseorang tidak merasa kesepian dan bisa membagikan perasaan dengan orang lain. 


8. Diet Sehat

Pola makan juga berpengaruh terhadap kinerja otak dalam menjaga kesehatan mental. Contohnya, makanan manis bisa memberikan efek tenang sementara. Diet yang sehat secara keseluruhan akan membantu meringankan stres dengan kesehatan fisik dan mental yang optimal.


9. Cara Mengurangi Stres

Manajemen stres bisa dilakukan dengan melakukan kegiatan yang tidak menimbulkan stres. Di antara aktivitas harian, evaluasi hal-hal yang bisa memicu stres lalu temukan cara untuk menghindarinya. Mengurangi penggunaan media sosial adalah salah satunya.


10. Mindfulness

Teknik ini adalah salah satu cara umum untuk mengurangi stres. Mindfulness adalah secara sadar memperhatikan diri sendiri, termasuk emosi yang dirasakan pada saat itu. Mindfulness bisa membuat seseorang lebih memahami dirinya sendiri dan pada akhirnya menerima diri sendiri. 


Itu adalah teknik mengurangi stres yang bisa diaplikasikan pelajar. Kondisi stres setiap orang berbeda-beda, sehingga penerapan manajemen stresnya juga berbeda. Sepuluh teknik di atas bisa dikombinasikan sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Maretha Uli
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro