Jantung/boldsky.com
Health

7 Indikasi Anda Harus Konsultasi ke Dokter Jantung

Mia Chitra Dinisari
Senin, 31 Juli 2023 - 08:54
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Banyak orang takut mengunjungi dokter, terlebih lagi jika itu adalah ahli jantung!

Ada ketakutan bahwa begitu jantung bermasalah, Anda akan meninggal dunia.

Namun, para ahli mengatakan bahwa diagnosis tepat waktu membantu dengan cara yang lebih besar untuk menyelamatkan jantung dari potensi kerusakan.

Oleh karena itu, Anda dihimbau untuk memeriksakan jantung setiap tahun atau dua kali dalam setahun.

Sayangnya, banyak orang yang kurang memperhatikan pemeriksaan rutin tubuh.

Berikut beberapa Tanda Anda harus konsultasi ke dokter jantung

1. Keluarga Anda memiliki riwayat penyakit jantung

Jika Anda berasal dari keluarga, di mana kerabat dekat Anda mengalami komplikasi jantung, sangat penting bagi Anda untuk memeriksakan diri secara teratur.

Pakar kesehatan selalu memperingatkan tentang pola penyakit jantung tertentu yang terjadi dalam keluarga. Hanya mengidentifikasi tanda-tanda awal dan didiagnosis tepat waktu dapat menyelamatkan Anda dari kecelakaan besar.

2. ​Anda menderita diabetes atau pradiabetes atau termasuk dalam kelompok berisiko tinggi​

Diabetes mempengaruhi jantung secara serius dan tidak banyak yang menyadarinya. Jika kadar gula darah Anda tidak menentu, penting bagi Anda untuk menjaga jantung Anda juga.

Jangan lewatkan pemeriksaan jantung Anda. Kadar gula darah yang berlebihan merusak pembuluh darah dan karenanya jantung. Bahkan jika Anda berada dalam kelompok berisiko tinggi seperti memiliki riwayat keluarga dengan gangguan metabolisme, periksakan jantung Anda secara teratur.

3. Dokter Anda telah merujuk Anda ke ahli jantung

Jika dokter biasa Anda telah merujuk Anda ke ahli jantung, jangan abaikan. Seorang dokter yang telah merawat Anda selama bertahun-tahun dapat melihat tanda-tanda bahaya dan jika dia menyarankan Anda untuk mengunjungi dokter, itu juga dapat berarti bahwa kemungkinan komplikasi akan dimulai jika tanda-tanda tersebut diabaikan.

4. Anda sering mengalami sesak napas

Jika Anda mengalami sesak napas yang secara medis disebut dyspnea lebih sering dari sebelumnya maka jangan tunda lagi dan kunjungi dokter. Masalah pernapasan yang berhubungan dengan jantung seringkali dipicu oleh aktivitas fisik yang rendah seperti melakukan pekerjaan rumah tangga bahkan menaiki tangga.

5. Anda sering mengalami nyeri dada

Nyeri dada adalah indikator utama bahwa jantung Anda membutuhkan lebih banyak perhatian daripada sebelumnya. Jangan abaikan nyeri dada yang berulang dan jangan mencoba menekannya dengan obat bebas.

6. ​Anda memiliki kadar kolesterol yang tinggi​

Bagi orang yang kadar kolesterolnya di atas ambang batas, jantung berpotensi mengalami kerusakan jika tidak dilakukan apa-apa. Pada hari Anda menemukan bahwa kadar kolesterol Anda lebih tinggi dari biasanya, lakukan pemeriksaan jantung secara teratur.

7. ​Anda duduk lebih lama di meja

Ya! Ini mungkin mengejutkan Anda, tetapi duduk lebih lama membuat Anda tidak aktif secara fisik dan itu merugikan jantung. Jika Anda memiliki gaya hidup yang tidak aktif, Anda harus melakukan pemeriksaan jantung secara teratur dan mencoba memasukkan rencana olahraga tetap dalam rutinitas harian Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro