Nyeri punggung atau low back pain/Freepik.com
Health

Nyeri Punggung Bisa Jadi Tanda Kanker Paru-paru dan Payudara, Ini Ciri-cirinya

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 1 Agustus 2023 - 12:16
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Nyeri punggung, terutama nyeri punggung bagian bawah, merupakan masalah umum yang dirasakan banyak dari kita, terutama seiring bertambahnya usia.

Penyebab umum nyeri punggung adalah cedera pada otot atau ligamen. Ini dapat terjadi karena pengangkatan yang tidak tepat, postur tubuh yang buruk, dan kurangnya olahraga teratur.

Kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko cedera punggung dan keseleo.

Karena sakit punggung adalah penyakit umum, orang biasanya percaya bahwa sakit atau nyeri di punggung bisa disebabkan oleh masalah muskuloskeletal. Namun, sakit punggung juga merupakan gejala kanker yang tidak biasa tetapi juga tidak terlalu jarang.

Berikut tanda-tanda sakit punggung karena kanker. Nyeri punggung pada pasien kanker bisa disebabkan oleh pertumbuhan atau tanda metastasis dimana kanker telah menyebar ke punggung.

Menurut pakar kesehatan, payudara, paru-paru, testis, dan usus besar adalah 4 jenis kanker umum yang lebih mungkin menyebar ke punggung, karena secara anatomis dekat dengan tulang belakang.

Sesuai laporan, 25 persen pasien kanker paru-paru akan melaporkan nyeri punggung sebagai gejala. Menurut Cancer Research UK, nyeri punggung bawah bisa dirasakan jika kanker paru menyebar ke tulang.

Nyeri punggung ini dapat disertai dengan gejala lain dari kanker paru-paru, seperti keringat malam, menggigil, demam, masalah usus/kandung kemih, dan penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan.

Pengurangan berat badan terjadi karena tubuh Anda membakar lebih banyak energi dari biasanya dan karenanya tidak memerlukan diet atau olahraga untuk melihat penurunan berat badan.

Berbeda dengan sakit punggung biasa, yang disebabkan oleh kanker bersifat konstan. Itu tidak mereda dengan perubahan posisi atau gerakan. Lebih jauh lagi, ini bisa muncul lebih sebagai rasa tidak nyaman yang tumpul daripada rasa sakit yang tajam atau nyata.

Anda harus segera menemui profesional medis jika Anda mengalami salah satu dari gejala yang disebutkan di atas. Meskipun biasanya nyeri punggung tidak terkait dengan kanker dan disebabkan oleh masalah muskuloskeletal, jika terasa tidak biasa, sebaiknya bicarakan dengan dokter Anda. Mendapatkan diagnosis dan saran yang tepat sangat penting.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro