Petani memanen jagung./JIBI
Health

6 Manfaat Mengonsumsi Jagung Bagi Kesehatan

Kresensia Kinanti
Senin, 7 Agustus 2023 - 10:32
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Memiliki nama latin Zea mays, jagung adalah salah satu jenis pangan yang sudah tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia.

Jagung merupakan salah satu makanan sumber karbohidrat yang banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia. Selain kaya akan karbohidrat, jagung juga mengandung nutrisi dan vitamin penting yang dibutuhkan oleh tubuh.

Dilansir sumber, Senin (7/8/2023), berikut ini adalah 6 manfaat mengonsumsi jagung bagi kesehatan:

1. Membantu pencernaan dan kesehatan usus

Jagung mengandung serat tidak larut yang dapat meningkatkan volume feses (kotoran) dan mencegah sembelit.

Serat jagung juga berfungsi sebagai prebiotik. Prebiotik memberi makan bakteri sehat dalam usus dan membantu sistem pencernaan dengan memecah dan menyerap nutrisi dari jagung.

Selama proses ini, bakteri dalam mikrobioma usus mengubah jagung menjadi produk yang disebut asam lemak rantai pendek. Asam lemak ini dapat menurunkan risiko kanker kolorektal.

2. Membantu meningkatkan kesehatan mata

Sebuah jagung kuning berukuran sedang mengandung hampir 900 mikrogram antioksidan yang disebut lutein dan zeaxanthin. Sebuah studi tahun 2018 menunjukkan bahwa antioksidan ini dapat meningkatkan penglihatan dan menigkatkan kesehatan mata.

Antioksidan berguna untuk melindungi tubuh dari radikal bebas, molekul yang menyebabkan peradangan kronis, penyakit jantung, dan kondisi lainnya.

Antioksidan juga menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga dapat melawan virus, bakteri, dan infeksi.

3. Melindungi jantung

Minyak jagung mengandung pitosterol, zat tumbuhan alami yang meminimalkan jumlah kolesterol yang diserap tubuh. Minyak jagung juga mengandung ubiquinone (CoQ10), vitamin yang menyehatkan jantung yang dapat menurunkan risiko kerusakan jantung.

Minyak jagung dapat menjadi pilihan minyak goreng yang sehat selama Anda menggunakannya dalam jumlah yang tidak berlebihan. Minyak ini memiliki asam lemak esensial yang lebih sehat, atau lemak tak jenuh ganda, yang memberikan energi pada tubuh.

4. Memberikan nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan tubuh

Selain serat dan antioksidan, biji jagung juga memiliki banyak nutrisi dan vitamin. Satu buah jagung berukuran sedang mengandung:
- 4 miligram kalsium
- 40 mikrogram folat
- 32 miligram magnesium
- 294 miligram kalium
- 7 miligram vitamin C

5. Mengendalikan tekanan darah

Kandungan mineral kalium dan mangnesium serta antioksidan pada jagung berguna untuk mengontrol tekanan darah. Karena itu, mengonsumsi jagung secara rutin dapat mencegah penyakit darah tinggi atau hipertensi.

6. Menangkal radikal bebas

Kandungan antioksidan dan vitamin C dalam jagung dapat membantu menjaga kesehatan tubuh. Antioksidan berperan dalam menangkal efek radikal bebas yang dapat meningkatkan risiko terkena pernyakit dan penuaan dini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro