Buah Plum
Health

Manfaat Mengonsumsi Buah Plum yang Kaya Antioksidan

Widya Islamiati
Kamis, 6 Oktober 2022 - 19:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Plum buah yang matang dengan warna merah ataupun merah keunguan. Daging buahnya biasanya berwarna kuning ataupun kemerahan. Bergizi tinggal seperti salak.

Bentuk buah ini mirip dengan buah persil dan aprikot, dengan daging yang akan cenderung berair ketika matang. Buah yang memiliki kulit keras ini ternyata mengandung banyak nutrisi. 

Berikut manfaat mengonsumsi buah plum berdasarkan Healthline dan Medicalnewstoday!

Membantu mengatur berat badan

Plum merupakan buah rendah lemak. Dalam sebuah penelitian menunjukkan, plum bisa dijadikan buah pendamping program diet, sebab membantu meningkatkan rasa kenyang. 

Bukan hanya itu, plum juga bisa meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di usus. Sehingga bisa membantu penyerapan nutrisi dan pembuangan racun.

1. Baik untuk kesehatan jantung

Selain kandungan di atas, plum juga merupakan kandungan potasium yang baik. Kandungan ini dikenal dengan khasiatnya menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. 

Hal ini dibuktikan dengan penelitian tahun 2017, yang menunjukkan plum bisa meningkatkan kolesterol HDL dan menurunkan kolesterol jahat LDL.

2. Kaya akan antioksidan 

Dalam sebuah penelitian, plum mengandung dua kali lebih banyak polifenol dibandingkan buah persik. Polifenol ini berguna untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes. 

Selain itu, polifenol dalam plum juga ditemukan secara signifikan mengurangi gejala inflamasi terkait nyeri sendi dan paru-paru. 

3. Membantu menurunkan kadar gula darah

Meskipun memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi, tetapi plum tidak akan menaikan kadar gula darah. Sebaliknya, punyai sifat mengontrol gula darah.

Karena, plum bisa meningkatkan kadar adiponekim, hormon yang punyai peran mengontrol gula darah.  

4. Meningkatkan kesehatan tulang

Plum bisa mencegah pengeroposan tulang. Selain itu sebuah penelitian menunjukkan, mengonsumsi buah ini dapat meningkatkan kadar hormon yang membantu pembentukan tulang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro