Kopi. /Arah Kopi
Health

Es Americano atau Cold Brew, Mana yang Lebih Sehat?

Salma Permata Dewi
Senin, 14 Agustus 2023 - 22:02
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Beberapa orang memilih meminum minuman kopi dingin, terutama es americano dan cold brew. Keduanya sama-sama enak, tetapi ternyata sebenarnya ada perbedaan jika menyangkut kesehatan

Mungkin beberapa orang mengira es americano dan cold brew adalah minuman yang sama karena secara teknis keduanya adalah minuman kopi hitam yang dingin. Padahal, itu berbeda secara pembuatannya. Jika memiliki masalah pencernaan, sensitif terhadap kafein, atau memiliki kebutuhan khusus lainnya, Anda sebaiknya memilih dari keduanya dengan hati-hati. 

Es americano, atau lebih mudahnya es kopi, dibuat dengan mendinginkan kopi standar yang diseduh panas dengan es atau di lemari es. Ini lebih cepat dibuat daripada cold brew. Dilansir dari First for Women, menurut pakar kopi Chris Clark, rasa dari es kopi bisa lebih sesuai dengan rasa biji yang diinginkan.

Hal tersebut dikarenakan es kopi dibuat dengan kopi panas yang diseduh dalam waktu singkat. Pembuatan yang singkat tersebut membuat kopi lebih baik untuk mempertahankan profil rasa dan kompleksitas asli biji. Menggunakan air panas untuk menyeduh kopi juga mengekstraksi lebih banyak nutrisi dari biji daripada menyeduh dingin. 

Penelitian menunjukkan kopi yang diseduh panas mengandung lebih banyak antioksidan daripada kopi yang diseduh dingin. Megan Fuller, penulis studi tersebut, mengatakan bahwa kopi memiliki banyak antioksidan sehingga baik jika meminumnya dalam jumlah sedang. Penelitian tersebut juga menemukan minuman panas memiliki kapasitas antioksidan lebih banyak.

Namun, metode seduh panas cenderung membuat kopi menjadi lebih asam. Ini membuat kopi terasa lebih pahit dan dapat menyebabkan masalah gastrointestinal. Kopi yang asam juga dapat mengakibatkan perjalanan kamar mandi ekstra dan kelelahan. Oleh karena itu, Anda yang memiliki masalah lambung bisa berhati-hati jika mengonsumsi es kopi dan minuman kopi yang diseduh air panas terlebih dahulu.

Sementara itu, cold brew memiliki proses pembuatan yang lebih lama. Cold atau dingin dalam nama cold brew mengacu pada metode pembuatannya, bukan suhu penyajiannya. Clark menjelaskan bahwa cold brew dibuat dengan merendam biji kopi yang digiling kasar dalam air dingin untuk waktu yang lama, biasanya 12-24 jam. Tidak ada air panas yang terlibat dalam proses pembuatan.

Karena tidak ada air panas dalam pembuatannya, asam yang diekstraksi dari biji kopi lebih sedikit. Oleh karena itu, cold brew menciptakan profil rasa yang berbeda secara mendasar dari kopi biasa atau es kopi. Cold brew rasanya juga tidak terlalu asam, tidak terlalu pahit, dan lebih lembut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro