Kaca mata hitam/Istimewa
Health

10 Tips Meningkatkan Kesehatan Mata Secara Alami

Redaksi
Senin, 28 Agustus 2023 - 16:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Masalah penglihatan dapat berdampak serius pada kehidupan, karena faktanya kehilangan penglihatan dapat menurunkan kualitas hidup dan meningkatkan risiko depresi serta gangguan kesehatan seperti diabetes.

Pada umumnya, orang cenderung menganggap remeh kesehatan mata, sehingga banyak orang perlahan mengalami gangguan penglihatan. Bentuk gangguan penglihatan yang paling umum adalah kesalahan refraksi, cara sinar cahaya terfokus di dalam mata sehingga gambar dapat dikirim ke otak. Rabun jauh, rabun jauh  dekat, dan astigmatisme adalah contoh kelainan refraksi yang sering kali terjadi saat mata dalam keadaan sehat. 

Dilansir dari Onet (28/8/2023) kesalahan refraksi biasanya dapat diperbaiki dengan kacamata, lensa kontak , atau bedah refraksi, seperti LASIK, Fotorefraksikeratektomi (PRK) atau Lensa Collamer Implan EVO (ICL). Namun, gangguan seperti ini sebenarnya bisa diatasi dalam kebiasaan sehari-hari.

Simak 10 trik meningkatkan kesehatan mata secara alami:

1. Memakai Kaca Mata Hitam 

Mengekspos mata terhadap sinar ultraviolet dapat menyebabkan kerusakan seiring berjalannya waktu. Maka disarankan untuk mengenakan kacamata hitam yang dapat menghalangi sinar UV berbahaya, menurunkan risiko penyakit mata seperti katarak, sengatan matahari, kanker mata, dan menurut American Academy of Ophthalmology.

Kacamata terpolarisasi dengan lensa asap atau abu-abu mungkin memberikan perlindungan terbaik terhadap sinar matahari dan mengurangi silau.


2. Ambil Jeda Saat Menatap Layar Hp/Komputer 

Menatap layar dalam waktu lama dapat menyebabkan mata kering , nyeri pada leher dan bahu, penglihatan kabur, sakit kepala dan ketegangan mata digital, atau sindrom penglihatan komputer. American Optometric Association merekomendasikan penggunaan aturan 20-20-20 untuk mencegah sindrom visi komputer. Setiap 20 menit, lihatlah sesuatu yang berjarak setidaknya 20 kaki selama 20 detik.

3. Istirahat Membaca 

Menatap layar bukan satu-satunya cara untuk membuat mata tegang tetapi membaca buku dalam waktu yang lama juga dapat menyebabkan mata kering. Kedua aktivitas tersebut dapat menyebabkan rabun jauh, atau miopi, yang berarti objek yang jauh terlihat buram, sedangkan objek yang dekat terlihat jelas.

Kamu juga disarankan menggunakan aturan 20-20-20 untuk jeda buku. Jika asyik dengan apa yang kamu baca atau lakukan di komputer, setel alarm agar tidak melewatkan istirahat 20 menit.

4. Olahraga 

Olahraga teratur dapat memberikan manfaat kesehatan mata , seperti meningkatkan kesehatan pembuluh darah dan menurunkan risiko terkena glaukoma dan retinopati diabetik. Untuk itu, direkomendasikan setidaknya 150 menit aktivitas aerobik sedang setiap minggu, ditambah dua hari latihan kekuatan untuk otot. Kamu juga bisa berlatih senam mata untuk mengurangi ketegangan mata.


5. Melakukan Aktivitas Luar Ruangan

Anak-anak dan orang dewasa perlu sering keluar rumah, meskipun olahraga sering direkomendasikan di dalam ruangan. Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang menghabiskan waktu di luar ruangan memiliki risiko lebih rendah terkena rabun jauh pada masa remaja dan dewasa.

Bermain bersama anak di taman bermain, berjalan-jalan di hutan, atau bahkan bermain di halaman belakang dapat membantu seluruh keluarga tetap sehat dan aktif. Tetap perhatikan jika matahari sedang terik, jangan lupa untuk gunakan kacamata hitam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro