Jogging. /Reuters
Health

Apa Manfaat Bangun Pagi Lebih Cepat Bagi Tubuh?

Novita Sari Simamora
Rabu, 30 Agustus 2023 - 18:48
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bangun pagi dan lebih cepat menjadi kebiasaan baik yang harus ditanamkan dalam rutinitas kehidupan sehari-hari. Bangun pagi memiliki manfaat bagi kesehatan fisik dan juga mental.

Bangun pagi akan segera menjadi sebuah kebiasaan baik dalam kehidupan, bila dilakukan rutin. Ketika Anda bangun lebih awal dari waktu yang dijadwalkan, Anda tidak hanya dapat menikmati kopi pagi tetapi juga melakukan banyak aktivitas. Anda juga membereskan rumah lebih cepat dan juga melakukan olahraga pagi lebih cepat. 

Para ilmuwan juga telah membuktikan adanya inersia tidur yakni periode dua-empat jam setelah bangun tidur di mana otak tidak dapat berfungsi secara maksimal dan terjadi kabut akibat tidur. 

Simak tips mengubah kebiasaan, produktivitas dan tingkat energi Anda agar meningkat:

1. Tidur malam yang nyenyak

Tidur lebih awal dapat meningkatkan energi dan tingkat suasana hati Anda. Hal ini memungkinkan Anda menyelesaikan empat-enam siklus tidur sehingga Anda dapat merasa segar kembali keesokan harinya.

Bila Anda tidur lebih cepat dan cenderung tertidur pada waktu yang ditentukan, maka tubuh Anda terasa lebih lelah dan alih-alih begadang hingga pukul 03.00, Anda justru akan lebih cenderung untuk beristirahat. 


2. Kulit yang lebih baik

Fakta yang terbukti secara ilmiah bahwa beauty sleep diperlukan untuk membuat kulit Anda terlihat segar dan lebih muda. Kurang tidur atau siklus tidur yang tidak tepat dapat menyebabkan garis-garis halus, kerutan, lingkaran hitam, dan jerawat.

Sel-sel kulit Anda diregenerasi saat Anda tidur, memperbaiki kerusakan akibat sinar UV dan meningkatkan kolagen dan aliran darah. Bangun pagi juga memberi Anda banyak waktu untuk menikmati rutinitas perawatan kulit Anda.


3. Pola makan seimbang

Saat bangun pagi, otomatis Anda wajib mengonsumsi sarapan lezat yang menyehatkan, sehingga membuat Anda berenergi. Sarapan adalah waktu makan terpenting dalam sehari. Ini memberi Anda dorongan vitalitas dan Anda dapat menggunakan kesempatan ini untuk memperhatikan konsumsi Anda sepanjang hari.

4. Berangkat cepat, tanpa kena macet

Saat Anda bangun pagi, maka Anda memiliki waktu ekstra untuk bersiap-siap dan tampil terbaik untuk hari itu sambil menikmati jalanan yang kosong dan tidak ada kemacetan lalu lintas.

Bangun pagi membuat Anda bisa pergi dari rumah lebih awal untuk bekerja, sekolah, atau kuliah. Kemacetan yang lebih sedikit menyebabkan perasaan antusias dan optimistis menghadapi hari itu sambil menghadapi lebih sedikit polusi. Terlebih lagi, Anda dijamin tidak akan pernah terlambat lagi untuk rapat!

Tips bangun pagi:

1. Temukan motivasi

Baik untuk minum secangkir teh favorit atau membaca kolom surat kabar, bangun pagi menjadi lebih mudah jika Anda memiliki sesuatu yang dinanti-nantikan saat bangun. Ingatlah untuk mengembangkan kebiasaan baik.

2. Mulailah dari yang kecil

Jangan menargetkan subuh jika Anda terbiasa bangun di siang hari. Jam tubuh Anda memerlukan waktu yang cukup untuk menyesuaikan diri dengan rutinitas. Mulailah dengan membuat satu jam perubahan dan perlahan naik level.

3. Cobalah rutinitas yang baik

Rutinitas baik terbukti menjadi cara efisien menuju gaya hidup yang lebih baik. Memiliki perkiraan waktu tidur dan bangun dapat membuat Anda merasa lebih bisa mengendalikan hari Anda. Tambahkan juga waktu untuk menikmati aktivitas santai. Ingatlah untuk memasukkan 8 jam tidur tanpa gangguan dalam jadwal Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro