Iriana Joko Widodo membuka Pameran Kerajinan Nusantara (Kriyanusa) 2023, Rabu 13 September 2023
Entertainment

Pameran Kriyanusa 2023 Dibuka Iriana Joko Widodo

Mutiara Nabila
Rabu, 13 September 2023 - 11:49
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Istri Presiden Joko Widodo, Iriana, secara resmi membuka Pameran Kerajinan Nusantara (Kriyanusa) Tahun 2023.

Pameran kerajinan nusantara ini digelar di Jakarta Convention Center, pada Rabu 13 September 2022 sampai dengan Minggu 17 September 2023.

“Dengan mengucap Bismillahirrohmanirrohim, Pameran Kriyanusa Tahun 2023 saya buka,” ucap Ibu Iriana saat membuka pameran tersebut, Rabu (13/9/2023).

Acara ini diselenggarakan oleh Dewan Kerajinan Nasional bersama dengan Kementerian Kominfo, bertemakan “Kriya Unggul, Indonesia Maju”. 

Mendampingi Iriana, istri Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin, Wury Ma’ruf Amin juga turut hadir, bersama sejumlah istri menteri lainnya juga turut hadir membuka acara inj.

Dalam acara pameran ini, selain dimeriahkan oleh pameran beragam produk lokal, ada pula fashion show, dan dimeriahkan oleh pertunjukan tari tradisional betawi, dan penyanyi Andien.

Bagi para pengusaha, ada pula talkshow rerkait dengan perizinan usaha UMKM bersama Kementerian BKPM, dan terkait hilirisasi produk UMKM bersama Kementerian Koperasi dab UKM.

Pameran KriyaNusa selama beberapa tahun terakhir telah menjadi ikon pameran kerajinan atau seni kriya terbesar di Indonesia. Pameran industri kreatif ini melibatkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) binaan Dekranas dari Sabang sampai Merauke.

Sebagai sebuah pameran kolaborasi, KriyaNusa juga melibatkan berbagai pihak, mulai dari Kementerian, BUMN, dan individu-individu terkait. Produk kriya yang ditampilkan dalam pameran KriyaNusa semuanya berbahan dasar lokal yang original dan otentik dari Indonesia.

Peserta pameran KriyaNusa tidak perlu membayar sewa tempat. Meski begitu, kualitas produk kriya yang ditampilkan selama pameran KriyaNusa tidak perlu diragukan. Karena sebelum diselenggarakan pameran, semua produk harus melalui tahap kurasi yang diselenggarakan oleh tim Dekranasda (Dewan Kerajinan Nasional Daerah).

Tujuan dan Latar Belakang KriyaNusa

Pengadaan pameran KriyaNusa dilatarbelakangi keinginan untuk menjaga keberadaan dan kontinuitas produksi kriya khas Indonesia. Selain itu, pameran KriyaNusa juga diadakan dalam rangka meningkatkan pangsa pasar hasil produk industri kreatif Indonesia pada konsumen, baik dalam maupun di luar negeri.

Acara tahunan ini diharapkan mampu meningkatkan daya saing dan semangat para pelaku industri kreatif kriya. Tujuan utama diselenggarakannya pameran KriyaNusa adalah mempromosikan hasil kerajinan dari seluruh Indonesia. Strategi ini dalam rangka meningkatkan target pasar terhadap kerajinan daerah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro