Cokelat/playbuzz.com
Health

Ini 8 Makanan yang Membuat Mood Baik dan Bahagia

Redaksi
Senin, 18 September 2023 - 12:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Mencari kebahagiaan bisa dengan berbagai cara, seperti berolahraga, melakukan hobi, dan bertemu dengan orang terdekat. Ada cara lain mencari kebahagiaan, yaitu dengan makan.

Dilansir dari CNET, makanan yang dikonsumsi secara langsung memengaruhi suasana hati, terutama perasaan senang. Oleh karena itu, makanan bisa menjadi salah satu pilihan saat merasa sedih. Ada beberapa makanan yang dapat meningkatkan kadar hormon bahagia di otak, seperti serotonin dan dopamine.

Hormon-hormon ini berperan penting dalam mengatur suasana hati sehingga konsumsi makanan yang dapat meningkatkan kadarnya dapat membuat seseorang merasa lebih bahagia.

Studi yang menghubungkan nutrisi dan kesejahteraan mental telah muncul dalam dekade terakhir. Studi tersebut mengaitkan makanan tertentu dengan peningkatan serotonin di otak kita. Serotonin, juga dikenal sebagai "hormon bahagia", adalah bahan kimia yang berperan penting dalam mengatur suasana hati kita. Kadar serotonin yang rendah dapat menyebabkan ketidakstabilan suasana hati. 

Berikut adalah beberapa makanan yang dapat meningkatkan suasana hati menjadi bahagia:

1. Cokelat hitam

Sebuah tinjauan sistematis menemukan bahwa cokelat dapat mempengaruhi suasana hati seseorang secara positif. Ada tiga komponen utama yang ditemukan dalam coklat yang berhubungan dengan perasaan bahagia, yakni triptofan, teobromin, dan feniletilalanin.

Triptofan adalah asam amino yang digunakan otak untuk memproduksi serotonin. Theobromine adalah stimulan lemah yang dapat meningkatkan suasana hati. Sementara itu, phenylethylalanine adalah asam amino lain yang digunakan tubuh untuk memproduksi dopamin yang berfungsi sebagai antidepresan. 


2. Pisang

Sebutan makanan untuk suasana hati yang baik merujuk pada pisang. Pisang dapat memainkan peran penting dalam mengatur suasana hati Anda secara tidak langsung.

Tubuh Anda membutuhkan vitamin B6 untuk membuat serotonin dan pisang sangat kaya akan nutrisi ini. Satu buah pisang berukuran sedang mengandung hingga 0,4 mg vitamin B6 yang mencakup sekitar 25% dari asupan harian yang direkomendasikan. 

3. Kelapa

Kelapa mengandung trigliserida rantai menengah yang dapat membantu meningkatkan energi Anda. Alasan lain mengapa kelapa dianggap sebagai makanan peningkat suasana hati adalah temuan penelitian pada hewan tahun 2017 menunjukkan MCT dari santan dapat mengurangi kecemasan.

Namun, diperlukan lebih banyak penelitian untuk memahami sepenuhnya hubungan antara kecemasan dan kelapa pada manusia.

4. Kopi

Sebuah meta-analisis tahun 2016 menyimpulkan bahwa konsumsi kopi berhubungan secara signifikan dengan penurunan risiko depresi.

Penelitian kecil lainnya menyimpulkan bahwa kopi, baik yang berkafein maupun tanpa kafein, secara signifikan meningkatkan suasana hati subjek dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi minuman plasebo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro