Italia
Travel

30 Negara Paling Bahagia di Dunia, Indonesia Urutan Berapa ?

Redaksi
Senin, 18 September 2023 - 16:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Bahagia merupakan salah satu topik yang paling sering ditemui, tetapi bahagia bersifat subjektif.

Dilansir Insider Monkey (18/9/2023) tingkat kebahagiaan bisa diukur dengan cara pandang yang berbeda-beda dari berbagai pihak, salah satunya tingkat kebahagiaan mungkin bisa saja berdasarkan uang.

Namun, Insider Monkey dalam menyusun daftar negara-negara paling bahagia di dunia, memberi peringkat negara-negara berdasarkan negara-negara alkoholisme, zina, bunuh diri dan kekayaan tarif.

Logikanya adalah negara-negara yang lebih bahagia akan memiliki pernikahan yang lebih kuat, tingkat bunuh diri yang rendah dan sedikit alkoholisme, serta akan menjadi lebih kaya dibandingkan negara-negara lain.

Setiap negara diberi skor berdasarkan peringkatnya dan negara-negara dengan sifat negatif yang tinggi menerima skor yang lebih tinggi. Skor tersebut kemudian dirata-ratakan (dengan kekayaan diberi bobot 1,20) dan negara-negara dengan skor terendah adalah negara-negara paling bahagia di dunia, sedangkan negara-negara yang sangat miskin, negara-negara dengan rezim otokratis atau diktator tidak dimasukkan dalam daftar.

Dalam daftar 30 negara paling bahagia, Insider Monkey menempatkan negara Republik Italia diurutan pertama dan Republik Korea dirutan ke tiga puluh. Lalu bagaimana dengan Indonesia?

Lebih lengkapnya, simak daftar 30 negara paling bahagia sebagai berikut :

1. Republik Italia dengan skor Insider Monkey: 20,7

Italia adalah negara Eropa maju yang dikenal di seluruh dunia karena seni, sejarah, budaya, dan tentu saja makanannya. Negara ini memiliki perekonomian senilai $2,1 triliun atau setara Rp32,2 kuadriliun (kurs: Rp32.272).

2. Kerajaan Inggris Raya dan Irlandia Utara dengan skor Insider Monkey: 21,5

Inggris adalah salah satu negara terkaya dan paling makmur di dunia. Namun akhir-akhir ini masyarakat terus berjuang melawan inflasi yang tinggi dan rekor suku bunga yang tinggi.

3. Republik Indonesia, dengan skor Insider Monkey : 24

Republik Indonesia adalah negara Asia yang terdiri dari lebih dari sepuluh ribu pulau. Dengan memanfaatkan hal ini, negara ini memiliki sektor pariwisata yang berkembang dengan baik dan merupakan salah satu negara dengan tingkat bunuh diri terendah dalam daftar Insider Monkey.

4. Kerajaan Spanyol, dengan skor Insider Monkey: 25,85

Sebagai bekas kekuasaan kolonial, Kerajaan Spanyol memiliki perekonomian yang tinggi. Namun, peringkatnya tidak tinggi dalam hal kesetaraan pendapatan.

5. Republik Rakyat Tiongkok, dengan skor Insider Monkey: 31,35

Republik Rakyat Tiongkok atau Tiongkok, memiliki perekonomian terbesar di dunia dalam hal paritas daya beli. Negara ini menduduki peringkat kedua dalam hal kekayaan dan cukup rendah dalam hal bunuh diri. Perekonomian Tiongkok sedang diperjuangkan, karena lockdown ketat akibat virus corona selama berbulan-bulan dan masalah di sektor real estat terus menghambat kepercayaan dan pertumbuhan konsumen.

6. Amerika Serikat Meksiko, dengan skor Insider Monkey: 31,8

Amerika Serikat Meksiko atau Meksiko adalah sebuah negara di Amerika Utara. Negara ini mempunyai ekonomi tinggi dan mempunyai peringkat tinggi dalam pembangunan manusia.

7. Republik Federal Nigeria, dengan skor Insider Monkey: 34,75

Nigeria adalah negara dengan perekonomian terbesar di Afrika, dengan PDB-nya yang didorong oleh cadangan minyak negara yang sangat besar. Negara ini mempunyai peringkat yang rendah dalam hal pembangunan manusia dan tingkat ketimpangan pendapatan yang tinggi. Kasus bunuh diri di Nigeria juga sedikit, serta jumlah kasus perzinahan yang rendah.

8. Republik Federal Jerman, dengan skor insiden monkey: 35,2

Sebagai negara dengan perekonomian terbesar di Eropa, Jerman sedang menghadapi masa-masa sulit akhir-akhir ini karena lambatnya pertumbuhan ekonomi dan ketergantungan pada bahan bakar Rusia.

9. Republik Federasi Brasil, dengan skor Insider Monkey: 36,3

Brasil adalah negara dan ekonomi terbesar di Amerika Selatan. Meskipun peringkatnya rendah dalam hal kekayaan, jumlah kasus bunuh diri di negara ini juga relatif lebih sedikit.

10. Denmark dengan skor Insider Monkey: 36,75

Denmark adalah negara Eropa Nordik yang merupakan salah satu negara paling makmur, stabil dan maju di dunia. Peringkatnya rendah dalam hal perzinahan dan bunuh diri.

11. Kanada, dengan skor Insider Monkey: 38,9

Kanada adalah negara Amerika Utara yang menawarkan program perawatan kesehatan universal dan bantuan anak. Kaya dengan sumber daya alam dan tingkat perekonomian yang tinggi.

12. Republik Perancis dengan skor Insider Monkey: 40,05

Perancis adalah kekuatan global dan kekuatan ekonomi. Negara ini menduduki peringkat teratas dalam hal perzinahan dan memiliki perekonomian terbesar ketujuh di dunia.

13. Konfederasi Swiss, dengan skor Insider Monkey: 40,75

Konfederasi Swiss atau Swiss adalah negara Eropa yang sangat maju. Sebagai pusat keuangan global, negara ini memiliki peringkat rendah dalam hal alkoholisme.

14. Kerajaan Thailand, dengan skor Insider Monkey: 41,25

Kerajaan Thailand adalah negara Asia Tenggara. Negara ini menempati peringkat rendah dalam hal pembangunan manusia, perzinahan dan bunuh diri.

15. Jepang, dengan skor Insider Monkey: 42,4

Jepang adalah negara Asia yang merupakan salah satu perekonomian terbesar di dunia. Namun Jepang menduduki peringkat tinggi dalam hal angka bunuh diri, namun rendah dalam hal perzinahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro