Ilustrasi menu makanan sehat. Dok. Freepik.
Health

10 Makanan Super Penuh Manfaat, Tak Harus Mahal

Mutiara Nabila
Selasa, 19 September 2023 - 17:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Masyarakat masa kini semakin menyadari pentingnya pola makan dan hidup sehat. Bahan-bahan yang dianggap sebagai makanan super (superfood) kini semakin mudah ditemukan di swalayan.   

Namun, salah satu yang menjadi masalah sebelumnya untuk mengikuti gaya hidup makan sehat ini adalah harganya yang mahal. 

Mengutip Food and Beverage Insider, saat ini makanan yang berasal dari tumbuhan seperti sayuran hijau, kacang-kacangan, biji-bijian, dan makanan fermentasi adalah makanan yang menurut para ahli nutrisi paling banyak dibeli konsumen sepanjang 2023.

Makanan-makanan tersebut dianggap makanan super yang banyak bermanfaat bagi kesehatan tubuh, di tengah gempuran kondisi lingkungan yang kurang sehat terutama di kota besar.  

Lantas apa yang membuat apa yang disebut makanan super begitu super? 

Salah satu cirinya adalah bahwa makanan tersebut berasal dari tumbuhan, bukan hewan. Hal ini merupakan kesimpulan penting dari survei terbaru terhadap hampir 800 ahli diet terdaftar yang dilakukan oleh Today’s Dietitian dan Pollock Communications.

Pada survei penelitian "What's Trending in Nutrition” yang ke-11, para responden diminta untuk memilih 10 pilihan teratas mereka dari 31 makanan super, untuk mendukung kekebalan tubuh dan kesehatan mereka secara keseluruhan.

Dari hasil survei tersebut, Ahli Diet Hannah Kalet menyebutkan bahwa makanan nabati kini lebih menjadi perhatian utama dibandingkan sebelumnya. 

Berikut daftar lengkap makanan super mencakup nutrisi penting berikut:

1. Makanan fermentasi, seperti kimchi, kombucha, acar sayuran, dan yogurt

2. Biji-bijian, seperti chia seed

3. Bluberi

4. Alpukat

5. Kacang-kacangan, termasuk pistachio, almond, dan walnut

6. Sayuran berdaun hijau, seperti bayam

7. Sayuran air, seperti alga, rumput laut, dan lumut laut

8. Teh hijau

9. Biji-bijian kuno, seperti millet, bayam, teff, freekeh, dan farro

10. Susu nabati

Kalet mengatakan, bahwa makanan fermentasi yang berada di urutan teratas adalah makanan super teratas selama dua tahun berturut-turut. 

Dia menyebutkan peringkat teratas menunjukkan meningkatnya daya tarik makanan ini sebagai cara untuk mendukung kesehatan kekebalan tubuh dan mikrobioma dalam perut.

“Sudah ada banyak penelitian yang mendukung manfaat mengonsumsi makanan fermentasi. Semakin banyak kita belajar tentang mikrobioma dan pentingnya menjaga keseimbangan mikrobioma, semakin banyak pula peminat pada makanan ini, sehingga makin mudah ditemukan di toko," ungkapnya. 

Sebelumnya, daftar makanan super teratas biasanya berisi beberapa produk hewani seperti telur, salmon, dan sejumlah buah-buahan dan sayuran yang langka dan mahal. 

Harga Murah sehingga Bisa Jadi Pilihan

Dalam dua tahun berturut-turut, salmon tak lagi berada di urutan teratas makanan super. Jenis protein hewani ini justru berada di peringkat 11. Alasan utamanya, kata Kalet, adalah harga.

“Salah satu permasalahan yang muncul dalam survei tahun ini adalah ketersediaan dan biaya pangan. Dulu, buah-buahan eksotis dan barang-barang mahal menduduki peringkat teratas. Namun makanan super tahun ini dapat ditambahkan ke dalam diet Anda meskipun anggaran terbatas. Makanan super ini tidak harus eksklusif," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro