Ilustrasi kesehatan mental terganggu saat pandemi Covid-19/Freepik.com
Health

8 Mitos Seputar Gangguan Kesehatan Mental

Redaksi
Senin, 2 Oktober 2023 - 15:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Kesehatan mental adalah kondisi kesejahteraan mental yang memungkinkan orang untuk mengatasi tekanan hidup, menyadari kemampuan mereka, belajar atau bekerja dengan baik, serta berkontribusi pada komunitas mereka.

Ini adalah komponen integral dari kesehatan dan kesejahteraan yang mendukung kemampuan individu dan kolektif kita untuk membuat keputusan, membangun hubungan, dan membentuk dunia tempat kita hidup.

Kesehatan mental adalah hak asasi manusia, dan sangat penting bagi perkembangan pribadi, komunitas, dan sosio-ekonomi.

Namun, kesehatan mental sering kali disalahpahami dan distigmatisasi. Masih banyak orang yang beranggapan bahwa gangguan mental bukanlah suatu isu yang serius. Anggapan atau stigma yang salah tentang kesehatan mental juga masih banyak beredar di masyarakat.

Berikut adalah beberapa mitos yang beredar di masyarakat mengenai gangguan kesehatan mental.

1. Masalah kesehatan mental tidak umum terjadi

Salah satu mitos yang paling banyak beredar adalah kepercayaan bahwa masalah kesehatan mental adalah hal yang jarang terjadi.

Pada kenyataannya, kondisi kesehatan mental sangat umum terjadi. Kondisi kesehatan mental tidak memandang usia, jenis kelamin, atau status sosial ekonomi, kondisi ini dapat menyerang siapa saja.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), depresi, misalnya, memengaruhi lebih dari 264 juta orang di seluruh dunia, dan gangguan kecemasan memengaruhi lebih banyak lagi.

2. Masalah kesehatan mental adalah tanda kepribadian yang lemah

Mitos ini beranggapan bahwa individu dengan kondisi kesehatan mental adalah orang yang lemah atau tidak memiliki daya tahan.

Sebenarnya, masalah kesehatan mental bukanlah cerminan dari kekuatan atau kelemahan pribadi. Ini adalah kondisi kompleks yang dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk genetika, lingkungan, dan pengalaman hidup.

3. Anak-anak dan remaja tidak mengalami masalah kesehatan mental

Masalah kesehatan mental dapat memengaruhi individu dari segala usia, termasuk anak-anak dan remaja. Namun, ada kesalahpahaman umum bahwa anak-anak masih terlalu muda untuk mengalami masalah kesehatan mental.

Pada kenyataannya, intervensi dan dukungan dini sangat penting untuk mengatasi masalah kesehatan mental pada individu muda dan mencegah konsekuensi jangka panjang.

4. Orang dengan masalah kesehatan mental berbahaya

Kebanyakan orang mungkin beranggapan bahwa individu dengan kondisi kesehatan mental adalah orang yang berbahaya dan tidak dapat diprediksi. Kesalahpahaman ini menyebabkan ketakutan dan diskriminasi yang tidak perlu.

Pada kenyataannya, sebagian besar orang dengan masalah kesehatan mental tidak melakukan kekerasan, dan sebagian besar tindakan kekerasan tidak dilakukan oleh individu yang didiagnosis menderita penyakit mental.

5. Kondisi kesehatan mental semuanya sama

Mitos lain yang lazim adalah anggapan bahwa semua kondisi kesehatan mental dapat dapat dikategorikan sebagai satu kesatuan.

Sebenarnya, kesehatan mental mencakup berbagai kondisi dengan gejala, penyebab, dan perawatan yang berbeda-beda.

Kondisi seperti depresi, kecemasan, gangguan bipolar, skizofrenia, dan gangguan kepribadian ambang, semuanya berbeda dan memerlukan pendekatan perawatan yang disesuaikan.

6. Terapi hanya untuk mereka yang memiliki gejala parah

Terapi adalah salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mereka yang mengalami berbagai masalah kesehatan mental, dari yang ringan hingga yang berat, dan bukan hanya bagi mereka dengan gangguan yang parah.

Terapis dapat memberikan strategi mengatasi masalah, dukungan emosional, dan alat untuk pertumbuhan pribadi kepada siapa pun yang mencari bantuan untuk kesehatan mental mereka.

7. Obat adalah satu-satunya solusi

Meskipun obat-obatan dapat menjadi bagian penting dalam mengatasi beberapa kondisi kesehatan mental, obat-obatan bukanlah solusinya.

Penanganan masalah kesehatan mental memiliki banyak aspek dan dapat mencakup terapi, perubahan gaya hidup, dan dukungan sosial di samping pengobatan.

8. Masalah kesehatan mental tidak dapat diobati

Banyak mitos yang mengatakan bahwa masalah kesehatan tidak dapat diobati. Namun pada kenyataannya, sebagian besar kondisi kesehatan mental dapat diobati, dan banyak orang dapat pulih atau mengatasi gejalanya secara efektif dengan perawatan dan dukungan yang tepat. (Kresensia Kinanti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro