Ilustrasi perempuan Korea Selatan memiliki kulit yang bersih, mulus, dan terawat/Indian Express
Health

Ini Tips dan Trik Perawatan Untuk Kulit Wajah Kamu

Redaksi
Sabtu, 7 Oktober 2023 - 15:07
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bagi setiap orang wajah menjadi salah satu hal penting tubuh yang harus dirawat. Biasanya mereka akan melakukan berbagai cara agar kulit wajah terlihat cerah dan sehat. 

Faktanya, meskipun ada banyak cara yang dilakukan untuk mendapatkan wajah yang mulus dan cerah pasti ada masalah kulit lain yang harus dihadapi. Hal ini biasanya karena masalah hormonal, minyak berlebih, kerutan di wajah, atau masalah lain yang sulit untuk dihilangkan. 

Sebenarnya setiap orang memiliki tipe kulit yang berbeda, tetapi urutan perawatan setiap tipe kulit memiliki kesamaan. 

Dilansir dari Healthline.com pada Sabtu (07/10/2023), menurut Khatra Paterson, pemilik KP Aesthetics, perawatan wajah sebaiknya tetap berpegang pada hal-hal mendasar seperti pembersih, pelembab, tabir surya, air minum, dan diet seimbang. 

Simak tips dan trik perawatan kulit wajah: 

1. Exfoliasi

Exfoliasi membantu mengelupas sel-sel kulit mati di wajah sehingga produk lain yang digunakan dapat bermanfaat untuk kulit. 

Namun, exfoliasi hanya bisa dilakukan seminggu sekali hal ini karena exfoliasi yang berlebihan dapat menyebabkan kulit bereaksi dengan produksi minyak berlebih atau berjerawat.

2. Sun protection

Selalu gunakan sunscreen atau SPF untuk mencegah kulit berpaparan langsung dengan sinar matahari. Jika hal ini tidak dilakukan maka akan menyebabkan kulit menjadi kusam dan kemerahan. 

Menurut American Academy of Dermatology Association (AADA) , kerusakan akibat sinar matahari adalah salah satu penyebab utama, keriput, bintik-bintik penuaan, hiperpigmentasi, kulit kendur atau kendor, urat laba-laba, dan kulit tidak rata. 

cara menggunakan skincare wajah
cara menggunakan skincare wajah

3. Hidrasi

Hidrasi adalah suatu keharusan untuk kulit yang sehat dan bercahaya. Kulit dehidrasi bisa terasa kering, gatal, dan kusam. Minumlah cairan sepanjang hari, termasuk elektrolit, untuk menjaga tingkat hidrasi tetap tinggi.

4. Pembersihan Dua Kali

Menggunakan dua pembersih membantu menghilangkan kotoran, riasan, dan minyak sepanjang hari. Anda dapat melakukan pembersihan pertama dengan micellar water lalu dilanjutkan dengan facial wash. 

Pembersihan pertama bisa menghilangkan kotoran di sekitar wajah, jadi melakukannya dua kali berarti pori-pori akan menjadi lebih bersih. 

5. Gunakan Toner

Menambahkan toner ke dalam rutinitas wajah berarti  mendapatkan kesempatan lain untuk membersihkan dan menyeimbangkan kulit. 

Toner dapat  mengembalikan nutrisi pada kulit yang mungkin dihilangkan saat anda melakukan pembersihan dua kali. 

6. Serum Vitamin C 

Menurut areview penelitian tahun 2017 Sumber Terpercaya, vitamin C dapat membantu produksi kolagen dan memudarkan hiperpigmentasi atau flek hitam.

Vitamin C juga sebagai antioksidan dan dapat membantu mengurangi stres oksidatif akibat kerusakan akibat sinar matahari. Penggunaan terbaik adalah menerapkan vitamin C selama rutinitas pagi. 

cara menggunakan serum vitamin c
cara menggunakan serum vitamin c

7. Krim Malam yang Mengandung Retinol

Penggunaan retinol pada malam hari dapat mencegah timbulnya jerawat dan membantu memperlambatnya proses penuaan. 


8. Melakukan Pijat Wajah dan Jaga Pola Makan 

Pijat wajah atau roller wajah dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit. Alat pijat dapat meningkatkan aliran darah sehingga membuat kulit tampak terjaga dan segar. Selain itu, menjaga pola makan dan mengkonsumsi makanan bernutrisi dapat membantu merawat kulit wajah. (Ernestina Jesica Toji)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro