Kaki kram/harvardhealth
Health

Ini 7 Makanan yang Mampu Menurunkan Kadar Kolesterol

Redaksi
Kamis, 12 Oktober 2023 - 12:57
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kadar kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan dampak buruk bagi tubuh terutama jantung. Hal ini membuat kolesterol menjadi perhatian utama setiap orang. 

Kolesterol merupakan lemak lilin yang sebenarnya memainkan sejumlah peran penting di seluruh tubuh, termasuk hormon, vitamin D, dan produksi cairan pencernaan. Namun, kadar kolesterol yang terlalu tinggi akan berdampak negatif pada tubuh. 

Kolesterol bersirkulasi dalam darah dan ketika jumlah kolesterol dalam darah mulai meningkat, risiko terhadap kesehatan  juga meningkat. Kolesterol tinggi berkontribusi terhadap risiko penyakit kardiovaskular yang lebih tinggi, seperti penyakit jantung dan stroke.

Kolesterol dapat bergabung dengan zat lain membentuk endapan yang tebal dan keras di bagian dalam arteri. Hal ini dapat mempersempit arteri dan membuatnya kurang fleksibel. Kondisi ini sering dikenal sebagai aterosklerosis. 

Jika gumpalan darah terbentuk dan menyumbat salah satu arteri yang menyempit ini, dapat terjadi serangan jantung atau stroke. 

Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya mulai memperhatikan pola makan sehat dengan mengkonsumsi makanan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol sebagai berikut: 

1. Ikan Salmon

Ikan salmon berlemak seperti salmon umumnya direkomendasikan sebagai bagian dari pola makan yang menyehatkan jantung karena kaya akan asam lemak omega-3. 

Selain salmon, kamu juga bisa mengkonsumsi makanan laut lain seperti  ikan teri, tuna, sarden, dan trout. Makanan laut ini merupakan pilihan bagus lain yang kaya akan lemak penurun kolesterol. 

2. Gandum

Semua biji-bijian akan menjadi pilihan yang sangat baik untuk mendukung kadar kolesterol yang sehat, dan oat mungkin merupakan pilihan terbaiknya. Hal ini berkat tingginya jumlah serat larut, terutama beta glukan yang dikandungnya.

3. Kacang-kacangan

Selain sebagai camilan super enak, kacang-kacangan dan biji-bijian juga ideal untuk menurunkan kolesterol LDL (kolesterol 'jahat' secara alami. 

Meskipun semua kacang-kacangan dan biji-bijian penuh dengan lemak tak jenuh, almond, kenari, biji chia, dan rami adalah pilihan yang sangat bagus karena kandungan omega-3 di dalamnya. Banyak dari pilihan ini juga mengandung sterol dan stanol yang tinggi.

4. Buah Sitrus

Baik itu jeruk, lemon, jeruk nipis, atau jeruk bali, semua jenis buah jeruk akan menjadi pilihan yang sangat menyehatkan jantung. 

Hal ini terutama disebabkan oleh kandungan pektinnya yang tinggi, yang membantu menghilangkan kolesterol jahat selama pencernaan.

5. Minyak Zaitun

Minyak zaitun mempunyai kaitan erat dengan kesehatan jantung, terutama karena kandungan lemak tak jenuhnya yang menyehatkan. 

Namun, asam oleat yang ditemukan dalam minyak zaitun juga penting untuk diperhatikan, karena merupakan pengurang LDL (dan peradangan) yang ampuh. Ditambah lagi, mengandung sterol yang tinggi.

6. Buah Alpukat 

Alpukat adalah buah yang sangat padat nutrisi. Alpukat kaya akan lemak tak jenuh tunggal dan serat dengan dua nutrisi yang membantu menurunkan LDL (kolesterol 'jahat') dan meningkatkan kolesterol HDL (kolesterol 'baik'). 

Dalam sebuah penelitian, orang dewasa yang kelebihan berat badan dan obesitas dengan kolesterol LDL tinggi yang makan satu buah alpukat setiap hari menurunkan kadar LDL mereka lebih banyak dibandingkan mereka yang tidak makan alpukat. 

7. Brokoli

Daftar makanan penurun kolesterol tidak akan lengkap tanpa sayuran seperti brokoli. Tanaman berbunga ini tidak hanya kaya akan serat larut tetapi juga menawarkan stanol tanaman dalam dosis yang sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro