Seanergy, Kolaborasi Seni dan Fashion Desainer RiaMiranda x Mulyana
Fashion

Seanergy, Kolaborasi Seni dan Fashion Desainer RiaMiranda x Mulyana

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 13 Oktober 2023 - 10:51
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Fashion desainer Ria Miranda berkolaborasi dengan seniman dari Yogyakarta, Mulyana dalam koleksi teranyarna bertajuk Seanergy.

Seanergy menggambarkan kolaborasi dua seniman dengan karakteristik berbeda yang berhasil menciptakan sebuah karya yang inovatif.

Kolaborasi RiaMiranda dan Mulyana ini tidak hanya dalam bentuk visual instalasi dalam pameran seni, tapi juga dituangkan dalam rancangan busana siap pakai wanita dengan ciri khas brand DNA RiaMiranda.

Dan khusus pada kolaborasi ini ada koleksi pria serta aksesoris brooch ikan kuning bernama “iwak” yang menjadi salah satu ciri khas karya Mang Moel.

Penggabungan dua konsep yang sangat kontradiktif, tetapi pengunjung pameran tetap dapat memahami dua gagasan besar yang bersinergi satu dengan lainnya.

Meskipun kedua seniman ini memiliki perbedaan karakteristik, namun RiaMiranda dan Mulyana menciptakan sinergisitas antara dua jenis bentuk karya yang dimunculkan. Mulyana tetap berkarya dengan bentuk-bentuk bawah laut yang merupakan ekosistem dari Mogus.

Sementara RiaMiranda tetap memunculkan karya busana koleksi yang menunjukkan kepribadian wanita yang sederhana dan feminin. Untuk pertama kalinya, Mulyana menciptakan karya bernuansa merah muda yang juga menjadi simbol feminin dari brand DNA RiaMiranda.

Proses pembuatan koleksi ini memakan waktu setahun, bahkan karena faktor domisili yang berbeda Ria Miranda dan Mulyana melakukan kordinasi online.

Selama setahun, setiap hari menjadi hari baru untuk mencari inspirasi dan bertukar pikiran demi menghasilkan karya terbaik bagi masyarakat luas.

“Saya melihat banyak yang bisa dieksplorasi dari karya Mang Moel untuk diterapkan dalam ready to wear dan aksesoris RiaMiranda, dengan tema biota laut yang kaya akan ragam warna yang menarik. Karya Mang Moel juga menyadarkan saya untuk pentingnya menjaga lingkungan terutama biota bawah laut,” ujar Ria Miranda.

Mulyana atau yang lebih akrab disapa Mangmoel, mengangkat kehidupan laut yang penuh misteri dan rahasia dalam setiap karya-karyanya.

Seniman asal Yogyakarta ini memulai kariernya sebagai guru seni, dan mulai menekuni teknik merajut yang kini menjadi teknik seni yang melekat dengan dirinya.

Coral Luna, sebuah karya rajut indah penuh warna yang diciptakan Mulyana pada tahun 2022 silam. Coral Luna mengusung ragam bentuk terumbu karang yang membentuk lingkaran seperti sebuah bulan. Mulyana terinspirasi oleh keindahan bulan yang menjadi sumber cahaya di malam hari. Rangkaian karang berbentuk lingkaran diibaratkan Mulyana sebagai bulan purnama.

Terlebih lagi, karya Mulyana ini terinspirasi oleh pentingnya peran bulan dalam kehidupan manusia, mulai dari mengatur pasang surut laut hingga membentuk dasar dari kalender lunar.

Telah berdiri sejak tahun 2009, RiaMiranda merupakan brand fashion yang memiliki sentuhan feminin. Melalui karya-karyanya, Ria Miranda selaku pendiri brand ini, terinspirasi oleh gagasan tentang kehidupan yang kemudian menjadi kerangka utama penciptaan karya fashion RiaMiranda. Karya Ria Miranda yang identik dengan bentuk-bentuk cetakan siluet menggunakan warna-warna pastel menggambarkan karakter yang lembut, sederhana, namun tetap menyatakan kecantikan seorang wanita.

Meskipun kali ini Mulyana berkarya dengan merespon karya RiaMiranda, Mulyana tidak berupaya untuk merubah kecenderungan karyanya dalam proses kolaborasi ini.

Dalam pameran ini, Mulyana kembali menghadirkan karya kostum yang merupakan bentuk metamorfosis dari Mogus, sebuah figur besar yang menyerupai monster gurita. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro