Ilustrasi anak kecil dengan smartphone/flickr
Health

Waspada Bunda! Ini 5 Tanda Anak Kecanduan Bermain Ponsel

Redaksi
Kamis, 2 November 2023 - 18:44
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Sebagian orang tua membiarkan anaknya bermain ponsel dan sebagiannya lagi memberikan batas waktu dalam bermain ponsel. Faktanya banyak anak yang telah kecanduan ponsel dan bahkan berdampak pada perkembangannya. 

Kecanduan ponsel pintar, yang juga dapat dianggap sebagai rasa takut tidak tersambung ke Internet atau layanan seluler, telah dikaitkan dengan banyak masalah kesehatan mental. 

Untuk itu, orang orang tua perlu memberikan batasan waktu anak ketika bermain ponsel.tua perlu memberikan batasan waktu anak ketika bermain ponsel. Selain itu, memberikan contoh yang baik tentang penggunaan telepon yang sehat adalah hal yang penting. 

Orang tua harus memperhatikan jumlah waktu yang dihabiskan di ponsel dan menjadi panutan dalam hal moderasi anak.  Jika orang tua terus bermain ponsel maka anak akan mengikutinya.

Orang tua perlu menghabiskan lebih banyak waktu dengan anak dan juga mendorong upaya kreatif, berolahraga, bersosialisasi secara langsung, melakukan aktivitas langsung sebagai bagian integral dari menjaga keseimbangan yang sehat.

Namun, jika penerapan penggunaan ponsel pada anak telah salah maka mulailah dari sekarang sebelum terlambat. 

Kamu juga perlu memperhatikan beberapa tanda anak kecanduan bermain ponsel berikut ini untuk melakukan pencegahan lebih lanjut. 

1. Insomnia atau Kesulitan Tidur

Ketika anak mulai kecanduan ponsel, dia akan disibukan dengan bermain ponsel hingga mengabaikan waktu tidurnya. 

Beberapa anak mungkin akan tertidur namun akan kembali terbangun ketika mendengar notifikasi dari ponselnya sehingga tidak memiliki waktu yang cukup untuk tidur. 

2. Merasa Cemas dan Gelisah

Tanda berikutnya adalah anak akan gelisah atau merasa cemas ketika Ia tidak menemukan ponselnya. Ia akan mulai mencari ponselnya di seluruh rumah dan akan mulai merasa tenang ketika ponselnya telah ditemukan. 

3. Mudah Marah dan Agresif 

Cobalah untuk mengambil ponsel dari anak mu dan lihat apa reaksi yang ditunjukkannya. Jika dia marah dan sangat agresif terhadap apa yang kamu lakukan maka anak kamu memiliki tanda kecanduan bermain ponsel. 

Anak juga akan mudah marah atau agresif terhadap hal-hal lain yang menurutnya mengganggunya. 

 4. Tidak Mau Bersosialisasi 

Ketika anak kecanduan ponsel Ia akan lebih memilih untuk bermain dengan ponselnya daripada bermain bersama teman-teman sebayanya. 

Bahkan dia juga akan memilih tidak menggubris orang-orang disekitarnya ataupun omongan mu karena dia hanya berfokus pada ponselnya. 

5. Kesusahan Ketika Tidak Bermain Ponsel

Tanda terakhir adalah anak merasa kesusahan jika tidak bermain ponsel. Ketika kamu mencoba menerapkan batas waktu dalam bermain ponsel mungkin anak kamu akan kesulitan untuk mengikuti pola yang kamu terapkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro