Ikan hasil tangkapan nelayan di Aceh./Bloomberg-Dimas Ardian
Health

Ajaib, 13 Manfaat Makan Ikan Bagi Kesehatan

Redaksi
Selasa, 7 November 2023 - 12:43
Bagikan

8. Melindungi Penglihatan di Hari Tua

Asam lemak omega-3 pada ikan dapat menurunkan risiko degenerasi makula terkait usia. Hal ini karena otak dan mata sangat terkonsentrasi pada asam lemak omega-3 dan membutuhkannya untuk menjaga kesehatan dan fungsinya dan kan adalah salah satu sumber omega-3 terbaik.

9. Peningkatan Sistem Kekebalan Tubuh 

Ikan kaya akan vitamin dan mineral lain yang merupakan kunci dalam melawan flu musim dingin. Kandungan zat besi, seng, magnesium, tembaga dan mineral lainnya membantu meningkatkan kesehatan dan kekebalan secara keseluruhan.   


10. Melawan Jerawat

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh BioMed Central mencatat bahwa minyak ikan bermanfaat untuk membersihkan kulit bagi penderita jerawat sedang hingga parah.


11. Mencegah Penyakit Autoimun

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition and Diabetes , mengonsumsi ikan berlemak ternyata dapat membantu mencegah penyakit autoimun seperti diabetes tipe 1. Kandungan vitamin D yang tinggi pada ikan membantu kekebalan tubuh dan metabolisme glukosa.


12. Menurunkan Risiko Kanker Tertentu

Ikan dapat menurunkan risiko kanker tertentu, menurut sebuah studi oleh The American Journal of Clinical Nutrition . Studi tersebut menunjukkan bahwa orang yang banyak mengonsumsi ikan ternyata memiliki risiko lebih rendah terkena kanker pencernaan, seperti kanker rongga mulut, faring, usus besar dan pankreas, dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi ikan dalam jumlah lebih sedikit.


13. Meningkatkan Konsentrasi

Ikan terbukti membantu konsentrasi dan perhatian pada remaja. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Nutritional Journal menemukan bahwa siswa berusia antara 14 dan 15 tahun yang makan ikan berlemak dibandingkan daging lainnya memiliki tingkat konsentrasi yang lebih tinggi dan mampu memperhatikan lebih lama dibandingkan dengan mereka yang makan lebih sedikit.


Hal-Hal yang Perlu Diwaspadai Saat Mengonsumsi Ikan

Meskipun ikan tergolong sehat, penting untuk memeriksa asal ikan yang dikonsumsi. Banyak ikan yang ditangkap di laut mengandung merkuri tinggi, yang bisa menjadi racun jika dikonsumsi dalam jumlah besar. Ikan-ikan menyimpan merkuri yang ditemukan dalam makanan di dalam lemaknya, yang dapat menumpuk seiring waktu.

Dilansir Web MD (7/11/2023) ikan budidaya dan ikan rendah lemak cenderung memiliki kandungan merkuri yang rendah, sedangkan ikan albacore, ikan todak dan mackerel diketahui memiliki kandungan merkuri yang tinggi. Mengkonsumsi hingga 12 ons ikan rendah merkuri setiap minggunya dianggap aman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro