Penuaan dini/youglo.co
Health

Kebiasaan Sehat yang Dapat Memperlambat Penuaan Hingga 6 Tahun

Redaksi
Jumat, 10 November 2023 - 13:29
Bagikan

Bisnis.com, BANDUNG – Para ilmuwan telah menemukan delapan kebiasaan sehat yang dapat memperlambat proses penuaan tubuh hingga enam tahun.

Delapan kebiasaan sehat ini antara lain mengonsumsi makanan sehat, menjaga berat badan, melakukan aktivitas fisik secara teratur, menjaga pola tidur yang sehat, mengontrol kolesterol, menjaga gula darah, menjaga tekanan darah, dan berhenti merokok.

Penelitian menunjukkan bahwa menjalani delapan kebiasaan sehat ini dapat meningkatkan kesehatan jantung, yang pada gilirannya dapat memperlambat laju penuaan biologis hingga enam tahun.

Temuan ini berdasarkan data dari lebih dari 6.500 orang dewasa dengan usia rata-rata 47 tahun, yang dipresentasikan dalam konferensi Sesi Ilmiah American Heart Association (AHA) di Philadelphia.

"Temuan ini membantu kita memahami hubungan antara usia kronologis dan usia biologis dan bagaimana mengikuti kebiasaan gaya hidup sehat dapat membantu kita hidup lebih lama," kata Donald Lloyd-Jones, ketua kelompok penulis Life's Essential 8, alat penilaian kesehatan AHA.

"Semua orang ingin hidup lebih lama, namun yang lebih penting lagi, kita ingin hidup sehat lebih lama sehingga kita benar-benar dapat menikmati dan memiliki kualitas hidup yang baik selama bertahun-tahun," kata Lloyd-Jones, mantan presiden sukarelawan AHA.

Life's Essential 8 bertujuan untuk mendefinisikan kesehatan jantung berdasarkan empat ukuran gaya hidup yang dapat dimodifikasi dan empat penanda kesehatan yang dapat dimodifikasi.

Untuk mengukur fenotipik, atau biologis, usia seseorang, para peneliti memeriksa metabolisme, fungsi organ, dan peradangan.

Percepatan usia fenotipik adalah perbedaan antara usia biologis seseorang dan usia sebenarnya, dengan nilai yang lebih tinggi menunjukkan penuaan biologis yang lebih cepat.

Setelah memperhitungkan faktor sosial, ekonomi, dan demografi, para peneliti mengatakan bahwa memiliki nilai Life's Essential 8 tertinggi, yang berarti memiliki kesehatan jantung yang baik dikaitkan dengan usia biologis sekitar enam tahun lebih muda.

Penulis studi senior Nour Makarem, asisten profesor epidemiologi di sekolah kesehatan masyarakat Mailman di Columbia University Irving Medical Center, di New York City, mengatakan "Kami menemukan bahwa kesehatan kardiovaskular yang lebih tinggi dikaitkan dengan penuaan biologis yang melambat, yang diukur dengan usia fenotipik."

"Kami juga menemukan hubungan yang bergantung pada dosis, ketika kesehatan jantung meningkat, penuaan biologis menurun," tambahnya.

Sebagai contoh, rata-rata usia aktual mereka yang memiliki kesehatan jantung yang baik adalah 41 tahun, namun rata-rata usia biologis mereka adalah 36 tahun, dan rata-rata usia aktual mereka yang memiliki kesehatan jantung yang buruk adalah 53 tahun, meskipun usia biologis rata-rata mereka adalah 57 tahun.

Makarem mengatakan "Kepatuhan yang lebih besar terhadap semua metrik Life's Essential 8 dan meningkatkan kesehatan kardiovaskular dapat memperlambat proses penuaan tubuh dan memberikan banyak manfaat di kemudian hari." (Kresensia Kinanti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro