Matcha green tea/Istimewa
Health

Bukan Cuma Kopi, Ini 8 Minuman yang Bikin Segar di Pagi Hari

Redaksi
Jumat, 17 November 2023 - 10:38
Bagikan

Bisnis.com, BANDUNG – Kopi adalah salah satu minuman yang popular dan paling banyak dikonsumsi di dunia.

Namun, karena kandungan kafeinnya yang tinggi, mengonsumsi terlalu banyak kopi dapat membahayakan kesehatan.

Jika Anda ingin membatasi asupan kopi tetapi tidak ingin menghindari kafein, ada beberapa alternatif minuman yang mengandung lebih sedikit kafein dibandingkan kopi.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut adalah beberapa minuman yang dapat membantu tubuh tetap terjaga di pagi hari selain kopi.

1. Teh matcha

Matcha terbuat dari bubuk daun teh hijau. Sama seperti kopi, teh ini juga mengandung kafein, tetapi hanya sekitar 70 miligram kafein per cangkir, dibandingkan dengan 100 hingga 120 miligram kafein dalam secangkir kopi pada umumnya.

Teh hijau matcha mengandung asam amino theanine, yang dapat mengurangi kecemasan dan stres, sehingga kecil kemungkinannya untuk membuat gelisah seperti yang dapat ditimbulkan oleh kopi.

2. Teh hijau

Secangkir teh hijau mengandung sekitar 70% lebih sedikit kafein daripada secangkir kopi. Teh hijau juga menawarkan senyawa nabati yang disebut polifenol.

Kandungan ini bermanfaat untuk menjaga berat badan dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan diabetes.

3. Teh hitam

Teh hitam mengandung lebih banyak kafein daripada teh hijau, tetapi lebih sedikit daripada kopi. Mirip dengan teh hijau, teh hijau memiliki efek samping yang lebih sedikit daripada kopi.

4. Kakao

Kakao yang diseduh adalah minuman rendah kafein yang kaya akan theobromine, stimulan sistem saraf pusat yang ringan.

Kakao yang diseduh sebenarnya bukanlah hal yang baru. Kakao telah dinikmati oleh penduduk asli Amerika Tengah sejak tahun 1.500 SM.

5. Kombucha

Kombucha adalah minuman fermentasi yang terbuat dari teh (terkadang teh hitam) yang memiliki manfaat untuk kesehatan usus.

Kombucha mengandung kafein yang rendah sehingga dapat menjadi alternatif bagi orang-orang yang sensitif terhadap kafein. Namun, perlu dicatat bahwa ada sejumlah kecil alkohol yang terkandung dalam kombucha.

6. Akar sawi putih

Sawi putih adalah tanaman berbunga yang akarnya digunakan sebagai alternatif kopi. Sawi putih mengandung sejenis serat prebiotik yang disebut inulin, serta senyawa nabati, yang mungkin berperan dalam mendukung kesehatan usus serta kesehatan jantung.

7. Susu emas

Dibuat dengan beberapa rempah-rempah termasuk jahe, kayu manis, kunyit dan lada hitam, minuman tradisional India yang bebas kafein ini merupakan ramuan yang menenangkan dan menyegarkan untuk dikonsumsi di pagi hari.

Rempah-rempah ini memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat karena kandungan kurkumin, bahan aktif dalam kunyit.

8. Air lemon

Minuman atau makanan dengan rasa asam juga efektif untuk menahan rasa kantuk. Kandungan vitamin C yang tinggi memberikan energi lebih besar untuk tubuh. Vitamin C juga dapat mengurangi hormon kortisol (hormon stress) pada tubuh. (Kresensia Kinanti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro