Ilustrasi tidur siang
Health

Sering Tidur Saat Sore Hari, Ini Efek Fatal Bagi Tubuh

Redaksi
Selasa, 21 November 2023 - 18:18
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Sebagian orang mungkin lebih senang untuk melakukan tidur siang di sore hari karena suasana terasa lebih adem. Namun, berdasarkan hasil penelitian melakukan hal itu dapat menyebabkan gangguan kognisi.

Kebiasaan tidur tidak teratur atau sering tidur di tengah malam membuat kita akan sering merasa ngantuk di siang hari. Hal tersebut mengharuskan kita untuk mengganti waktu tidur yang hilang dengan tidur di siang hari. 

Padahal penelitian menunjukkan bahwa tidur memainkan peran penting dalam menyimpan kenangan. Tidur siang dapat membantu kamu mengingat hal-hal yang dipelajari di awal hari, sama seperti tidur malam yang nyenyak. 

Tidur siang berfungsi untuk mencegah kamu melupakan hal-hal seperti keterampilan motorik, persepsi indera, dan juga ingatan verbal.

Namun ketika kamu memilih untuk melakukan tidur siang di sore hari, manfaat tersebut tidak akan kamu dapatkan dan justru akan sebaliknya. Menurut beberapa penelitian, tidur sore hari memang baik untuk otak, tetapi durasinya penting. 

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Geriatrics Society menunjukkan bahwa meskipun tidur siang selama 30 hingga 90 menit pada orang dewasa yang lebih tua tampaknya memiliki manfaat bagi otak, tidur siang lebih dari satu jam dapat menimbulkan masalah pada kognisi.

Selain itu, tidur dalam waktu lama meningkatkan risiko stroke lebih dari 20 persen hal ini telah terbukti oleh penelitian di Medical Journal of American Academy of Neurology. 

Terungkap bahwa orang yang tidur siang lebih dari 90 menit memiliki peningkatan risiko stroke sebesar 25 persen. Dalam penelitian tersebut juga terungkap bahwa gangguan pada kadar kolesterol juga dapat ditemukan dalam bentuk kurang tidur.

Bagi sebagian orang, tidur siang di sore hari dapat berfungsi sebagai tombol reset, memungkinkan mereka untuk bangun dengan perasaan segar dan siap untuk menyelesaikan hari mereka. 

Meskipun tidur siang mencegah seseorang untuk tertidur lelap, hal ini memungkinkan akumulasi rasa kantuk berlalu dengan cepat, sehingga meningkatkan kewaspadaan setelah tidur siang. 

Tidur siang lebih lama dapat menyebabkan seseorang terbangun dengan inersia yang cukup parah. Untuk itu penting menghindari tidur di sore hari dan juga tidak siang secara berlebihan. (Ernestina Jesica Toji)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro