Ilustrasi wanita tidur menggunakan bantal/Freepik
Health

Simak Manfaat Tidur Tidak Pakai Bantal

Redaksi
Senin, 27 November 2023 - 18:53
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Penggunaan bantal selama tidur bertujuan untuk memberikan kenyamanan maksimal. Namun, ada efek yang baik, saat Anda tidur tidak menggunakan bantal.

Namun, menggunakan bantal yang terlalu empuk dapat membuat otot leher tegang dan bahkan mengurangi aliran darah ke kepala. 

Jika menyandarkan kepala dengan posisi miring di atas bantal, hal tersebut kemungkinan akan mengurangi aliran udara melalui sistem pernapasan. Akibatnya, menyebabkan pusing saat terbangun. Selain itu, penggunaan bantal yang salah dapat merusak posisi tulang belakang dan menyebabkan sakit punggung.

Meskipun sebagian orang menyukai tidur dengan bantal yang besar dan empuk, tetapi jika sudah merasa nyeri punggung, leher, atau kepala, maka singkirkanlah bantal saat tidur.

Dilansir dari PharmEasy, berikut beberapa manfaat tidur tanpa bantal.

1. Memperbaiki postur tubuh

Saat tidur dengan bantal yang tebal, justru dapat membuat leher tertekuk dan menjadi permanen seiring berjalannya waktu. Hal ini berpengaruh pada postur tubuh. Tidur tanpa bantal dapat memperbaiki postur tubuh.

2. Mencegah sakit punggung dan leher

Sakit punggung disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah postur tubuh yang buruk. Hal tersebut diperburuk oleh pemilihan bantal yang salah.

Kesalahan memilih bantal menyebabkan leher terdorong ke atas atau tertunduk,sehingga menyebabkan nyeri pada leher.

Tidur tanpa menggunakan bantal membuat kepala beristirahat dalam posisi alami sehingga mencegah kerusakan saraf. Hal ini membantu menenangkan otot leher yang tegang. 


3. Mengurangi alergi

Banyak orang menderita alergi terhadap debu dan tidur dengan sarung bantal yang tidak diganti secara teratur. 

Bakteri, debu, kotoran, atau partikel lainnya akan menumpuk dan menempel di bantal seiring berjalannya waktu. Jika bersentuhan dengan wajah dan bernafas dalam jarak yang dekat, dapat memperparah alergi.

4. Mencegah stres

Jika memilih bantal yang salah, akan mengalami kurang nyenyak tidur sepanjang malam. Kurang tidur akan meningkatkan rasa kesal dan cemas di siang hari.

Tidur tanpa bantal dapat membuat tingkat. stres secara alami menurun seiring dengan peningkatan kualitas tidur.


5. Mencegah penyakit kulit

Kebanyakan orang memiliki kecenderungan tidur miring dengan wajah bertumpu pada bantal. Bantal dapat menjadi tempat berkembangnya berbagai bakteri.

Hal tersebut akan memperparah jerawat dan wajah mengalami kerutan akibat tekanan oleh kepala yang bertumpu. (Lala Wahyuningsih)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro