Usus buntu/istimewa
Health

Penyebab Usus Buntu Pecah dan Gejalanya yang Harus Diwaspadai

Redaksi
Selasa, 28 November 2023 - 11:25
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Usus buntu yang meradang bisa pecah dan berbahaya bagi kesehatan tubuh seseorang.

Penting diingat, menjaga usus yang melekat pada usus besar ini sangat penting. Pasalnya ketika usus buntu mengalami apendisitus, usus buntu bisa saja pecah.

Apendisitis adalah peradangan pada usus buntu, sebuah kantong kecil yang menempel pada usus besar di perut kanan bawah.

Apendisitis dianggap sebagai keadaan darurat medis yang memerlukan perhatian segera karena usus buntu yang meradang dapat pecah dalam 36 jam pertama setelah gejala muncul, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American College of Surgeons .

Pecahnya usus buntuh dapat menyebabkan komplikasi seperti peritonitis, yaitu infeksi serius yang dapat menyebar ke perut atau abses, yaitu kumpulan nanah.

Penyebab Radang Usus Buntu

Apendisitis dapat disebabkan oleh lebih dari satu faktu kemungkinan. Kemungkinan penyebabnya termasuk tinja yang mengeras yang dapat menghalangi pembukaan usus buntu, pembesaran jaringan di dinding usus buntu atau penyakit radang usus.

Ukuran dan lokasi usus buntu membuatnya mudah tersumbat dan terinfeksi. Terkadang, radang usus buntu dimulai dengan infeksi dan terkadang, infeksinya bersifat sekunder.

Faktor lain yang dapat menghalangi pembukaan usus buntu adalah tumor, parasit dan Fibrosis kistik .

Gejala Radang Usus Buntu

Gejala radang usus buntu dapat berupa demam, sakit perut, kurang nafsu makan, muntah, sembelit dan diare. Ada ciri khas gejala-gejala yang dapat mempermudah mengenali radang usus buntu. Namun sayangnya, hanya sekitar separuh penderita radang usus buntu yang memiliki gejala klasik. Anak-anak, orang lanjut usia dan orang hamil cenderung tidak mengalami gejala yang khas.

Pada gambaran awal radang usus buntu, nyeri perut dimulai di bagian tengah perut, di sekitar pusar. Hal ini mungkin melayang atau datang dan pergi selama beberapa jam. Akhirnya, rasa sakitnya semakin parah dan timbul mual serta muntah.

Beberapa jam kemudian, rasa mualnya hilang dan rasa sakitnya berpindah ke perut kanan bawah, tempat usus buntu berada. Rasa sakitnya akan menjadi lebih terfokus dan terus memburuk. (Maria Elfika Simplisia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro