Telur rebus/diabetesfoundationorg
Health

7 Makanan yang Lebih Baik Dikonsumsi Jika Direbus

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 28 November 2023 - 11:55
Bagikan

Bisnis.com, BANDUNG – Pada proses memasak, panas yang menyentuh makanan dapat menghilangkan banyak vitamin dan mineral pada makanan yang dimasak.

Dari semua metode memasak, merebus makanan kerap dianggap sebagai metode memasak yang sederhana tanpa menghilangkan gizi makanan tertentu.

Namun, sebuah penelitian yang diterbitkan pada Springer's Food Science And Technology menunjukkan bahwa metode memasak yang berbeda memiliki dampak yang berbeda pula pada setiap makanan.

Hal ini berarti merebus mungkin bukan pilihan terbaik untuk semua makanan, tetapi ada beberapa makanan yang lebih baik dikonsumsi dengan metode masak direbus.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut adalah makanan yang lebih kaya akan nutrisi jika direbus.

1. Telur

Merebus telur adalah metode klasik yang dapat mempertahankan kandungan protein bersama dengan Vitamin B7 atau biotin. Sebuah uji klinis yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition menemukan bahwa tubuh manusia menyerap hingga 91% protein dalam telur rebus dan hanya 51% dalam telur mentah.

2. Kentang

Kentang rebus kaya akan kalium, kalsium, dan magnesium. Sebagai sumber serat yang baik, kentang rebus juga cocok dikonsumsi untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan. Selain itu, kentang rebus juga dapat menjaga kadar kolesterol dan gula darah dalam tubuh.

3. Sayuran

Sayuran yang direbus sangat mudah dicerna karena senyawa kompleks yang terdapat dalam makanan terurai menjadi senyawa yang lebih sederhana.

4. Ayam

Ayam rebus merupakan makanan yang sehat dengan kandungan protein yang tinggi, serta rendah lemak dan kalori, sehingga dapat membantu menurunkan berat badan. Selain itu, ayam rebus juga mengandung banyak vitamin dan mineral penting untuk tubuh.

5. Kacang hijau

Kacang hijau yang direbus dapat menjadi sumber folat dan kalium yang baik, yang berguna untuk mengatur tekanan darah dan melawan peradangan. Kacang hijau rebus juga mengandung protein dan serat yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

6. Pasta

Pasta yang direbus dengan tingkat kematangan al dente memiliki indeks glikemik yang lebih rendah sehingga bermanfaat bagi penderita diabetes. Dengan waktu memasak yang lebih singkat ini, butiran pati akan terhidrasi, tetapi tidak terlalu banyak sehingga terlepas ke dalam air rebusan. Pati juga dapat dicerna secara bertahap, sehingga mencegah lonjakan gula darah.

7. Udang

Udang rebus merupakan sumber vitamin, mineral, dan antioksidan yang baik untuk tubuh dan dapat membantu menurunkan berat badan. (Kresensia Kinanti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro