Serangan jantung mendadak pada usia muda/ilustrasi
Health

Tips Penting Jaga Kesehatan Jantung, Khusus untuk Pria

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 29 November 2023 - 13:04
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menjaga kesehatan kardiovaskular yang optimal sangat penting, terutama untuk pria.

Pasalnya, kasus serangan jantung lebih banyak terjadi pada pria, termasuk mereka yang masih berusia muda.

Dr. Amit Kumar Chaurasia, Kepala Cath Lab & TAVI (Unit 1) di Rumah Sakit Artemis Gurugram) dilansir dari timesofindia, memberikan beberapa tips untuk pria agar bisa menjaga kesehatan jantungnya.

Simak tips penting jaga kesehatan jantung khusus untuk pria berikut ini

1. ​Olahraga teratur​

Melakukan aktivitas fisik secara teratur adalah landasan kesehatan jantung. Usahakan untuk berolahraga setidaknya 150 menit dengan intensitas sedang per minggu, seperti jalan cepat, jogging, atau bersepeda. Gabungkan latihan kekuatan untuk meningkatkan kebugaran secara keseluruhan dan meningkatkan kesehatan jantung.

2. ​Diet yang menyehatkan jantung​

Menerapkan pola makan yang menyehatkan jantung adalah hal yang terpenting. Tekankan buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan protein tanpa lemak sambil membatasi lemak jenuh dan lemak trans, kolesterol, dan natrium. Makanan kaya asam lemak omega-3, seperti ikan berlemak, dapat lebih mendukung kesehatan jantung.

3. ​Jaga berat badan yang sehat​

Kelebihan berat badan memberi tekanan pada jantung dan meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. Raih dan pertahankan berat badan yang sehat melalui kombinasi olahraga teratur dan pola makan seimbang. Konsultasikan dengan profesional kesehatan untuk menentukan sasaran berat badan yang realistis.

4. ​Mengontrol tekanan darah​

Tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko yang signifikan terhadap penyakit jantung. Pantau tekanan darah secara teratur dan ambil langkah-langkah untuk menjaganya dalam kisaran yang sehat. Hal ini mungkin melibatkan perubahan gaya hidup, pengobatan, atau kombinasi keduanya, seperti yang disarankan oleh penyedia layanan kesehatan.

5. ​Kelola stres​

Stres kronis dapat menyebabkan masalah jantung. Terapkan teknik manajemen stres seperti pernapasan dalam, meditasi, atau yoga untuk meningkatkan relaksasi dan kesejahteraan emosional. Membangun keseimbangan kehidupan kerja yang sehat dan melakukan aktivitas yang mendatangkan kegembiraan juga dapat membantu mengelola stres.

6. Berhenti merokok​

Merokok merupakan penyumbang utama penyakit jantung. Berhenti merokok adalah salah satu langkah paling berdampak dalam meningkatkan kesehatan jantung. Carilah dukungan dari profesional kesehatan, kelompok dukungan, atau layanan berhenti merokok untuk meningkatkan keberhasilan dalam berhenti merokok.

7. ​Batasi asupan alkohol​

Meskipun konsumsi alkohol dalam jumlah sedang mungkin memiliki manfaat kardiovaskular, asupan berlebihan dapat menyebabkan masalah jantung. Batasi asupan alkohol hingga tingkat sedang, yang umumnya didefinisikan sebagai satu gelas per hari untuk pria.
​Wabah pneumonia di Tiongkok pada anak-anak: Apakah bisa diobati?​

8. Pemeriksaan kesehatan rutin​

Jadwalkan pemeriksaan rutin ke penyedia layanan kesehatan untuk memantau kadar kolesterol, gula darah, dan kesehatan jantung secara keseluruhan. Deteksi dini dan pengelolaan faktor risiko dapat secara signifikan mengurangi kemungkinan masalah terkait jantung.

Memprioritaskan kesehatan kardiovaskular melalui pilihan gaya hidup dan pemeriksaan kesehatan rutin sangat penting bagi pria. Dengan menerapkan gaya hidup sehat jantung yang mencakup olahraga teratur, pola makan seimbang, manajemen stres, dan menghindari tembakau, pria dapat secara proaktif mengurangi risiko penyakit jantung dan menikmati hidup yang lebih lama dan lebih sehat. Selalu berkonsultasi dengan profesional kesehatan untuk mendapatkan saran pribadi yang disesuaikan dengan kebutuhan kesehatan individu.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro