Ilustrasi mata merah dan kering/ilustrasi
Health

Benarkah Omega-3 Atasi Mata Kering ?

Novita Sari Simamora
Rabu, 29 November 2023 - 12:52
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Mata kering cukup umum dan menyerang jutaan orang diseluruh dunia. Simak cara mengatasi mata kering.

Mata kering terjadi ketika kelenjar penghasil air mata di atas mata tidak menghasilkan cukup air mata untuk menjaga agar mata tetap terlumasi. 

Mata kering atau yang biasa dikenal dengan sindrom mata kering adalah kelainan multifaktorial dari tear film yang menimbulkan gejala berupa rasa tidak nyaman, meliputi nyeri, mengganjal dan mudah iritasi, gangguan penglihatan dan ketidakstabilan lapisan air mata dengan potensi kerusakan di permukaan mata (kornea). 

Mata kering dapat disertai dengan adanya peradangan pada kornea dan peningkatan osmolaritas air mata. Gejala lain mata kering adalah mata merah, penglihatan tidak tajam/fokus, mudah silau dan sensitif terhadap cahaya, mata berair secara berlebihan serta mata mudah lelah dan pegal. 

Anda perlu memperbaiki segala faktor yang bisa mencegah, salah satunya dengan menata pola makan. Makanan tertentu bisa membantu meringankan mata kering. Faktanya, ada satu nutrisi khusus yang menjaga pelumasan mata,yakni asam lemak omega-3.

Omega-3 adalah sejenis lemak tak jenuh ganda yang memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk melawan peradangan dan mendukung kesehatan otak. Beberapa penelitian terdahulu juga menunjukkan bahwa nutrisi ini dapat membantu mencegah mata kering dan menjaga mata tetap dalam kondisi prima.

Beberapa penelitian terdahulu yang diterbitkan pada bulan Oktober 2005 dalam ‌ American Journal of Clinical Nutrition ‌menemukan bahwa dari 32.000 orang yang diamati, mereka yang mengonsumsi paling banyak omega-3 dari ikan memiliki risiko mata kering 17 persen lebih rendah dibandingkan orang yang makan sedikit omega-3. 

Penelitian sebelumnya pada bulan September 2014 di ‌ Medical Science Monitor, menemukan bahwa lemak omega-3 membantu sekresi air mata dan stabilitas lapisan air mata, dua faktor yang berperan penting mempengaruhi seberapa baik mata tetap terlumasi.

Luke Rebenitsch, MD , dokter mata bersertifikat dan juru bicara klinis untuk American Academy of Ophthalmology (AAO), mengungkapkan Omega-3 tampaknya mengurangi peradangan pada kelopak mata atau permukaan mata, itulah sebabnya diyakini membantu meringankan gejala penyakit mata kering.

Omega-3 juga tampaknya meningkatkan fungsi kelenjar meibom, yang memproduksi minyak dan menjaga air mata agar tidak mengering dengan cepat. (Maria Elfika Simplisia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro