Ini Cara Membuat Spotify Wrapped 2023, dan Penyebab Kenapa Spotify Wrapped Tidak Muncul - Spotify
Entertainment

Link, dan Cara Membuat Spotify Wrapped 2023 dengan Gampang

Rendi Mahendra
Jumat, 1 Desember 2023 - 10:44
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Mengawali masa akhir tahun dengan penuh keceriaan, Spotify sekali lagi menghadirkan tradisi yang dinantikan oleh jutaan pengguna di seluruh dunia: Spotify Wrapped.

Spotify Wrapped merupakan penjabaran mendetail atas kegemaran mendengarkan musik selama satu tahun terakhir yang bisa dibagikan dengan mudah ke platform media sosial favorit Anda seperti Instagram dan Twitter.

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, Spotify Wrapped tahun ini tetap memberikan rangkuman yang komprehensif.

Fitur Terbaru Spotify Wrapped 2023

Pengguna setia platform ini dapat menelusuri daftar lagu, artis, genre, dan podcast yang paling sering didengarkan, lengkap dengan beragam statistik menarik lainnya.

Namun, tahun ini terdapat sentuhan inovatif yang menarik. Misalnya, daftar lima genre teratas disajikan dalam bentuk sandwich atau roti lapis yang menghadirkan elemen visual yang menyegarkan.

Fitur baru bernama 'Sound Town' pun menjadi daya tarik tersendiri dengan kemampuannya memetakan pengguna ke lokasi di seluruh dunia yang memiliki preferensi musik serupa.

Salah satu hal menarik lainnya adalah 'Me in 2023', yang mengungkap karakteristik pengguna berdasarkan preferensi musiknya.

Dari pecinta setia satu genre musik saja (Cyclops) hingga mereka yang tidak terikat pada satu artis atau genre tertentu (Shapesifter), karakter-karakter ini membuka jendela unik terhadap hubungan emosional seseorang dengan musik.

Namun, hal yang paling mengesankan mungkin adalah pengguna akan menerima pesan terima kasih langsung dari artis favorit mereka.

Dari megabintang internasional hingga musisi lokal yang berkembang, ribuan artis telah mengirimkan ucapan terima kasih pribadi kepada para penggemar, menciptakan momen yang penuh kesan dan personal dalam pengalaman mendengarkan musik.

Bagian yang paling dinanti dari Spotify Wrapped adalah kemampuannya untuk dibagikan ke media sosial. Berikut ini fitur lengkapnya:

  • Sound Town: Menyelami Kota yang Sama dengan Selera Musik

Sekarang, dengan fitur "Sound Town", pengguna dapat ditempatkan di kota yang memiliki preferensi musik serupa. Fitur ini memetakan pengguna dengan lokasi di seluruh dunia berdasarkan minat mendengarkan dan artis favorit mereka, membuka kesempatan untuk merasakan aliran musik yang serupa dengan komunitas di kota tertentu.

  • Visual yang Menarik: 5 Genre Teratas dalam Tampilan Sandwich

Satu lagi sentuhan kreatif yang menarik adalah tampilan visual dari daftar lima genre musik teratas, yang disusun dalam desain yang terinspirasi dari sandwich. Menampilkan secara estetis genre-genre yang paling banyak didengarkan memberikan pengalaman visual yang unik dalam melihat preferensi musik seseorang.

  • Temui Para Pencipta: Pengalaman Terpersonalisasi bagi Artis dan Podcaster

Tidak hanya pengguna yang mendapat kesempatan untuk menelusuri pengalaman mereka dalam mendengarkan musik. Artis, penulis lagu, dan podcaster pun akan menerima pengalaman Artist Wrapped dan Creator Wrapped yang dipersonalisasi. Fitur ini memungkinkan mereka untuk merayakan dan memahami bagaimana penggemar mendengarkan karya-karya mereka sepanjang tahun.

  • Pesan Langsung dari Artis Favorit Anda

Salah satu momen yang paling dinantikan adalah pesan pribadi dari salah satu artis favorit pengguna. Dari megabintang global hingga bintang lokal yang sedang naik daun, ribuan pesan terima kasih disampaikan secara personal, menambah kesan dan koneksi emosional dalam pengalaman mendengarkan musik.

 Tidak peduli apakah Anda pengguna Premium atau non-Premium, semua orang bisa membuat dan membagikan Spotify Wrapped mereka dengan mudah.

Cara Membuat Membagikan Spotify Wrapped 2023 dan Membagikannya ke Media Sosial

  • Pastikan aplikasi Spotify di perangkat Android atau iOS Anda telah diperbarui ke versi terbaru.
  • Buka aplikasi Spotify di ponsel, Anda atau kunjungi situs https://www.spotify.com/id-id/wrapped/ melalui browser.
  • Ketuk tab 'Wrapped' di sudut kanan atas atau klik banner 'Your 2023 Wrapped' di halaman depan Spotify.
  • Pilih opsi 'Your 2023 Wrapped' untuk melihat rangkuman Spotify Wrapped Anda.
  • Anda akan diperlihatkan konten story Wrapped 2023 yang memuat statistik seperti artis teratas, lagu teratas, genre teratas, podcast favorit, serta total waktu mendengarkan musik.
  • Pada halaman terakhir story Wrapped, ketuk tombol Share, dan pilih platform media sosial yang Anda inginkan, seperti WhatsApp, Instagram, X/Twitter, atau opsi untuk mengunduh Wrapped.
  • Ikuti petunjuk yang diberikan oleh masing-masing aplikasi media sosial yang Anda pilih untuk membagikan Spotify Wrapped Anda.

Kenapa Spotify Wrapped Tidak Muncul?

Seharusnya, Spotify Wrapped 2023 menjadi momen di mana pengguna dapat menyaksikan rangkuman mendalam tentang lagu-lagu dan album-album yang sering menjadi teman setia sepanjang tahun.

Biasanya, fitur yang dinantikan ini menjelang akhir November atau di awal bulan Desember. Namun, beberapa pengguna mengalami gangguan dimana Spotify Wrapped tidak muncul dalam aplikasi mereka. Ada beberapa penyebab kemungkinan Spotify Wrapped ini tidak muncul yaitu:

1. Aplikasi Spotify Belum Diperbarui

Salah satu alasan umum mengapa Spotify Wrapped tidak muncul adalah ketika aplikasi Spotify yang digunakan belum diperbarui ke versi terbaru. Pastikan untuk cek dan mengupdate aplikasi Spotify melalui PlayStore untuk pengguna Android atau iOS Store untuk pengguna iPhone.

Simak Cara Membuat Spotify Wrapped - (Bisnis- Rizky Nurawan)
Simak Cara Membuat Spotify Wrapped - (Bisnis- Rizky Nurawan)

2. Kendala pada Sistem atau Server

Terkadang kendala muncul akibat gangguan pada sistem atau server Spotify. Gangguan ini bisa berdampak pada penggunaan fitur Spotify Wrapped.

Daftar Lagu, Album, dan Artis Paling Populer di Spotify Wrapped 2023

The Top Global Songs of 2023

The top global songs of 2023 - Spotify Wrapped
The top global songs of 2023 - Spotify Wrapped

The Top Global Albums of 2023 

The Top Global Albums of 2023 - Spotify
The Top Global Albums of 2023 - Spotify

The Top Global Artists of 2023

The top global artists of 2023 - Spotify
The top global artists of 2023 - Spotify

The Top Global Podcasts of 2023

The Top Global Podcasts of 2023 - Spotify
The Top Global Podcasts of 2023 - Spotify

Dengan sekali sentuhan, Spotify Wrapped membawa kegemaran mendengarkan musik Anda sepanjang tahun ke dalam bentuk visual menarik yang bisa dengan bangga Anda bagikan ke dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rendi Mahendra
Editor : Rendi Mahendra
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro