Pakaian yang dirancang oleh Monica Ivena/istimewa
Fashion

Tren Fesyen Tahun 2024, Gaya Nontradisional Jadi Andalan

Mutiara Nabila
Kamis, 7 Desember 2023 - 19:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menyambut tahun baru, tren berpakaian akan terus mengalami perubahan. Selebgram dan pegiat fesyen Ayla Dimitri membocorkan tren fesyen 2024. 

Putri dari model ternama Dian Tandjung itu membeberkan, di penghujung tahun ini sendiri, sudah masuk ke musim perayaan natal dan menjelang tahun baru serta musim liburan, sehingga tren gaya berpakaian akan lebih banyak ke arah untuk pesta, makan malam, liburan. 

"Selain itu, terkait warna, warna merah tua sudah mulai muncul, lagi in banget, dan banyak yang berani pakai," ujarnya dalam konferensi pers, Kamis (7/12/2023).. 

Selain itu, di musim liburan, item fesyen sepatu boots juga salah satu yang sedang ngetren, terutama bagi yang sudah berencana berlibur ke luar negeri, ke negara-negar musim dingin. 

Tahun ini, juga ada tren penggunaan tas berukuran besar atau oversized bag. Menurut Ayla, setelah tren tas microbag pada 2022, 2023 orang-orang cenderung lebih memperhatikan kenyamanan, sehingga tas-tas besar jadi tren.

Selanjutnya penggunaan aksesoris juga jadi penting saat ini untuk membuat penampilan semakin menarik, mulai dari anting, kalung, cincin, yang simpel tapi on point. 

"Tren fesyen lainnya tahun ini sepertinya adalah city look atau urban fashion," katanya.

Urban fashion sendiri adalah tren fesyen yang terjadi di wilayah perkotaan, di mana penggunanya bisa memadukan pakaian yang kasual dengan yang formal, seperti menggunakan jaket hoodie di bawah blazer, atau memadukan blazer dengan celana olah raga. 

City look juga memadukan warna-warna berani atau saling bertabrakan, memadukan elemen streetwear seperti kaos atau sepatu sneakers dengan luaran yang bisa sama-sama santai seperti jaket atau blazer. 

Lantas bagaimana di 2024?

Ayla mengatakan, tren berpakaian di 2024 akan kembali bergeser. 

"Sebenarnya kalau ngomongin tren di 2015 atau 2020 tu gampang banget ngeerucutin karena sumbernya terbatas. Sekarang sumber inspirasinya banyak banget, dan waktu berjalan cepat banget dan banyak banget yang bisa dibahas," ujarnya. 

Menurutnya, nanti 2024 itu akan ada beberapa tren yang kembali berjaya seperti "Weird Girl Aesthetic" yang mencampurkan berbagai pola, cetakan, atau bahan kain untuk menciptakan tampilan nontradisional. 

Beberapa contoh Weird Girl Aesthetic antara lain penggunaan rok di atas celana, rok super pendek, dan korset berlapis. 

Selain itu, dari sisi aksesoris, kacamata juga selain digunakan sebagaimana fungsinya tapi juga sebagai aksesoris. 

Kemudian, utility wear seperti akaian untuk kegiatan outdoor, misalnya vest outdoor, cargo pants, atau sendal gunung juga akan masuk ke tren fesyen tahun depan. 

"Akan ada banyak banget pergeseran tapi makin kesini akan makin seru," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro