Warga Singapura bersepeda di dekat patung Marlion/ Bloomberg
Health

5 Cara Mudah Membakar 100 Kalori

Redaksi
Senin, 18 Desember 2023 - 19:31
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Olahraga dapat bermanfaat untuk tubuh, selain dapat menyehatkan tubuh, olahraga juga mampu membakar banyak kalori akan membuat tubuh menjadi langsing.

Anda dapat melakukan gerakan olahraga dimana saja dan tidak perlu ke tempat gym untuk membuat tubuh Anda menjadi langsing.

Anda bisa melakukan gerakan olahraga yang dapat membakar kalori tubuh di rumah.

Menurut Klinik Cleveland, tubuh Anda secara alami membakar kalori dimana saja dari 1.300 hingga 2.000 kalori sehari.

Tubuh Anda membakar kalori dengan memompa jantung, berpikir, dan bernafas.

Dilansir dari Eat This, Not That! , berikut beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk membakar 100 kalori setiap hari.

1. Berjalan-jalan cepat

Berjalan adalah salah satu cara termudah dan paling nyaman untuk membakar kalori. Berjalan dengan kecepatan cepat selama sekitar 20 menit dapat membakar sekitar 100 kalori. Selain itu berjalan dapat meningkatkan kebugaran kardiovaskular, yang memberikan hasil mengurangi risiko penyakit.

2. Lompat tali

Lompat tali tidak hanya untuk anak-anak. Melompat tali selama 10 menit dapat membantu Anda mencapai target untuk membakar 100 kalori.

Selain itu, menambahkan latihan lompat tali ke dalam rutinitas Anda dapat membantu membentuk seluruh tubuh Anda, termasuk paha, bokong, perut, bahu, dan lengan Anda. Bentuk latihan ini bahkan efektif untuk membangun otot dan kekuatan.

3. Bersepeda

Bersepeda tidak hanya merupakan pembakar kalori yang sangat baik, tetapi juga dapat membantu mencegah penyakit kronis yang serius, termasuk diabetes, radang sendi, obesitas, stroke, serangan jantung, beberapa kanker, dan depresi.

Bersepeda dengan kecepatan sedang selama sekitar 15 menit dapat membakar 100 kalori. Hal ini sangat baik untuk kekuatan kaki dan kebugaran kardiovaskular.

4. Berenang

Berenang adalah bentuk latihan aerobik berdampak baik untuk kesehatan fisik dan mental. Berenang selama sekitar 15 menit juga dapat membakar sekitar 100 kalori.

Selain itu, Anda akan meningkatkan detak jantung, membangun kekuatan otot, daya tahan, dan kebugaran kardiovaskular.

5. Yoga

Yoga selama 20 menit sehari dapat membakar sekitar 100 kalori. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam PLOS ONE, yoga adalah bentuk aktivitas fisik yang sangat baik yang dapat bermanfaat untuk pemeliharaan penurunan berat badan jangka panjang. Penelitian menunjukkan bahwa individu yang melakukan yoga saat dalam program penurunan berat badan 12-minggu turun ekstra 3,5% dari berat badannya daripada mereka yang tidak.

Selain itu, yoga juga bermanfaat sebagai pereda stres, peningkatan fleksibilitas, kekuatan, serta koordinasi. (Lala Wahyuningsih)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro