Tidur di lantai/sleepfoundation
Health

Tips agar Bisa Kembali Tidur, Usai Bangun Tengah Malam

Redaksi
Selasa, 26 Desember 2023 - 22:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Terbangun di tengah malam seringkali terjadi dan sulit untuk dihindari. Kebiasaan ini sangat memengaruhi kehidupan, karena terganggunya pola tidur atau waktu tidur yang seharusnya digunakan untuk beristirahat.

Efek negatif dari pola tidur yang buruk juga bisa berdampak pada melemahnya sistem imun, naiknya berat badan, menurunkan kesehatan fungsi seksual dan mental, serta menaikkan risiko penyakit kronis.

Dikutip dari berbagai sumber, simak tips yang dapat dilakukan untuk menghindari terbangun ditengah malam:

1. Jangan Nyalakan Lampu

Saat bangun dari tempat tidur, jangan menyalakan lampu. Menyalakan lampu dapat mengganggu jumlah melatonin yang dikeluarkan dalam tubuh sehingga membuat mata sulit untuk tertidur kembali.

Melatonin adalah hormon yang membantu kita merasa mengantuk, jadi jika lebih sedikit melatonin berarti lebih sulit untuk tertidur.

2. Hindari Cahaya Biru

Layar ponsel dan perangkat elektronik lainnya memancarkan cahaya biru yang dapat menekan produksi melatonin tubuh Anda. Cahaya biru juga mengganggu produksi melatonin. Meskipun cahaya dari semua warna dapat menekan produksi melatonin, cahaya biru lah yang sangat berbahaya.

3. Jangan Melihat Jam

Kita menyadari bahwa kita tidak akan langsung tertidur kembali seperti yang kita harapkan. Menatap jam akan membuat merasa cemas dan tidak bisa tidur.

Penelitian menemukan bahwa hubungan antara kecemasan dan tidur mungkin terjadi dua arah. Orang yang mengalami kecemasan sering kali khawatir akan tertidur dan orang yang sulit tidur sering kali merasa cemas.

4. Lakukan Aktivitas

Daripada berbaring di tempat tidur dan berharap untuk kembali tidur, lebih baik bangun dari tempat tidur mencoba aktivitas santai dan pastikan lampu tetap redup. Hal ini akan membuat otak Anda sibuk dan mematikan segala pikiran stres yang mungkin dimiliki tentang kurang tidur.

5.  Relaksasi Otot 

Relaksasi otot progresif adalah latihan kesadaran yang dapat memberikan efek luar biasa pada ketegangan tubuh. Selain itu, memusatkan perhatian pada tubuh daripada pikiran yang dapat meningkatkan relaksasi dan menenangkan. Hal ini dapat dilakukan dengan tarik napas dengan menegangkan otot lalu buang napas serta melemaskan otot.

6. Dengarkan Musik

Musik yang menenangkan dapat membantu menenangkan pikiran dan membantu untuk tidur kembali. Penelitian menemukan bahwa preferensi pribadi memainkan peran besar dalam menentukan jenis musik apa yang terbaik dalam merangsang tidur setiap individu. Sehingga Anda dapat mencari musik seperti apa yang ampuh untuk membuat Anda terlelap.

Jika terbiasa terbangun ditengah malam dan tidak mengetahui penyebabnya secara jelas, cobalah untuk memperbaiki kebiasaan tidur untuk meningkatkan kualitas tidur. 

Berikut beberapa tips agar bisa tidur lagi pada malam hari:

  1. Hindari cairan tepat sebelum tidur.
  2. Berolahraga secara teratur di siang hari.
  3. Jangan bermain ponsel sebelum tidur.
  4. Gunakan ponsel dengan mode malam.
  5. Hindari kafein.
  6. Hindari nikotin dan alkohol.
  7. Matikan lampu kamar.
  8. Hindari tidur siang di siang hari, terutama di sore hari.
  9. Cobalah untuk menerapkan jadwal tidur yang konsisten. (Luygi Ambhara Putri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro