Ilustrasi perempuan mengaplikasikan perawatan wajah (skincare) air mawar saat pagi dan malam hari/Freepik.com
Health

Simak 10 Manfaat Air Mawar Bagi Kesehatan

Redaksi
Rabu, 27 Desember 2023 - 17:27
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Mawar bukan hanya dijadikan sebagai simbol cinta, mawar juga bisa bermanfaat untuk kecantikan dan kesehatan kulit wajah melalui rebusan kelopak mawar yang kerap disebut air mawar.

Air mawar ini sudah digunakan sejak zaman dahulu. Terutama, oleh orang-orang Timur Tengah seperti Iran. 

Air mawar memiliki kandungan minyak, dan juga mengandung senyawa phenolic yang bersifat antioksidan. Selain itu, Air mawar juga memiliki efek sebagai antibakteri, antiseptic, dan antivirus. Hal ini yang membuat  air mawar memiliki banyak khasiat, dan manfaat untuk kecantikan serta kesehatan kulit wajah.

Dilansir dari beberapa sumber, simak beberapa manfaat air mawar bagi kecantikan dan kesehatan:

1. Membantu menenangkan iritasi kulit

Salah satu manfaat terbesar dari air mawar adalah sifat anti-inflamasinya yang kuat, yang baik untuk mengurangi jerawat, rosacea, dan eksim.

2. Menenangkan sakit tenggorokan

Air mawar secara tradisional telah digunakan untuk menenangkan sakit tenggorokan. Meskipun tidak ada penelitian yang menunjukkan bukti bahwa air mawar membantu menenangkan sakit tenggorokan, ada bukti anekdot yang cukup kuat untuk mendukungnya.

3. Mengurangi kemerahan kulit

Air mawar telah digunakan sebagai produk kecantikan selama ribuan tahun. Jadi tak heran jika dapat memperbaiki kulit dan mengurangi kemerahan kulit, hal ini karena sifat anti-inflamasi air mawar.

4. Membantu mencegah dan mengobati infeksi

Air mawar memiliki sifat antiseptik yang kuat, sehingga dapat mencegah dan mengobati infeksi. Satu studi menemukan bahwa ketika air mawar digunakan dalam obat tetes mata untuk mengobati kasus konjungtivitis, sifat antiseptik dan analgesiknya membantu mengobati penyakit mata.

5. Mengandung antioksidan

Kelopak mawar dan minyak mawar mengandung sejumlah antioksidan kuat, yang dapat membantu melindungi sel dari kerusakan.

6. Menyembuhkan luka dan bekas luka bakar

Air mawar memiliki sifat antiseptik dan antibakteri yang dapat membantu luka dapat sembuh lebih cepat. Selain itu, dapat membantu membersihkan dan melawan infeksi luka dan luka bakar. 

7. Meningkatkan suasana hati

Menghirup uap air mawar dikenal dapat meningkatkan suasana hati. Selain itu, air mawar juga dapat diminum langsung. Penelitian menunjukkan bahwa air mawar memiliki sifat antidepresan dan anti-kecemasan, yang memberikan efek positif untuk meredakan gejala depresi dan kecemasan.

8. Meredakan sakit kepala

Air mawar dan minyak esensial mawar biasanya digunakan dalam aromaterapi untuk membantu meredakan sakit kepala. Ini dapat digunakan sebagai aromaterapi di diffuser Anda atau direndam dalam kompres air mawar ke kepala selama 45 menit.

9. Membantu meminimalkan keriput

Air mawar sering ditemukan dalam produk kecantikan yang ditujukan untuk mengurangi kerutan dan bintik-bintik penuaan karena antioksidannya, seperti vitamin C dan E dan flavonoid.

10. Menenangkan masalah pencernaan

Dalam pengobatan tradisional, air mawar telah digunakan untuk membantu pencernaan dan mengurangi gangguan pencernaan.Studi telah menunjukkan ada beberapa bukti bahwa esensi mawar memang dapat membantu pencernaan.

Namun perlu diingat,untuk mendapatkan manfaat penuh, Anda harus menggunakan esensi dan minyak mawar asli, bukan bahan buatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro