Ilustrasi pekerja merasa lelah dan mengantuk/Freepik
Health

5 Tanda Tubuh Lelah dan Membutuhkan Istirahat

Redaksi
Rabu, 27 Desember 2023 - 17:34
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Terlalu sibuk dengan pekerjaan membuat diri sendiri lupa akan istirahat, padahal mengabaikan istirahat dapat menyebabkan kelelahan. 

Beristirahat sesekali sangat penting untuk kesehatan pikiran dan tubuh. Jika tubuh terus dipaksa untuk melakukan aktivitas tanpa istirahat maka akan menimbulkan berbagai masalah kesehatan.

Namun bagaimana agar tahu kapan bahwa tubuh sudah melewati batas dan membutuhkan istirahat?

Simak tanda tubuh mengalami kelelahan dan membutuhkan istirahat:

1. Sulit berkonsentrasi

Ketika lelah, otak menjadi sulit untuk berkonsentrasi, sulit konsentrasi dapat dikatakan normal bila hanya terjadi sesekali. Namun, bila terjadi berulang kali, perlu segera mengatasinya.

Hal ini karena fokus dan konsentrasi yang terganggu bisa menghambat aktivitas dan berdampak pula pada produktivitas kerja. Berhenti dari pekerjaan sejenak, lalu istirahatkan tubuhmu, dan lakukan pijat ringan agar tubuh terasa lebih rileks.

2. Tidak memiliki energi

Tidak hanya secara fisik, tapi juga emosional dan mental. Kebiasaan melewati tantangan dan terus bergerak justru menjadi penyebab rasa lelah yang dirasakan setiap hari.

Jangan biarkan hal itu berada dalam tubuh. Itu tanda tubuh meminta istirahat mental dan fisik, jalan-jalan atau pergi berlibur akan re-charge energi dalam tubuh.

3. Mudah tersinggung dan Emosional

Rasa lelah akan membuat seseorang menjadi mudah tersinggung, bahkan dengan hal-hal kecil. Cari hiburan sederhana yang membuatmu merasa happy agar beban yang dialami tidak terlalu mengganggu pikiran.

Bersikaplah lembut pada diri sendiri, biarkan ombak bergulung, dan percayalah bahwa jauh di lubuk hati, Anda masih kokoh seperti batu, menunggu untuk menemukan keseimbangan lagi.

4. Menjadi pesimis

Dunia terasa lebih berat untuk ditanggung sendiri sehingga masuk ke dalam ruang pikiran negatif. Tantang pikiran-pikiran negatif itu, kejar hal-hal yang membahagiakan. Istirahatkan otak sejenak sebelum sikap pesimis tersebut menempel di kepala kita lebih lama.

5. Kurang motivasi

Kurangnya motivasi adalah tanda kelelahan, coba istirahat sejenak untuk membaca buku atau novel yang seru, berhenti dari aktivitas untuk menemukan kembali diri Anda. Beri waktu istirahat untuk memulihkan tenaga, dan Anda akan segera bersinar lebih terang dari sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro