Ilustrasi serangan jantung/Freepik.com
Health

6 Tanda Jantung Anda Bermasalah, Jangan Dianggap Sepele

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 28 Desember 2023 - 09:19
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Penyakit jantung adalah salah satu penyakit mematikan yang sangat ditakuti semua orang.

Pasalnya, penyakit ini kadangkala muncul secara tiba-tiba karena itulah disebut sebagai serangan jantung.

Beberapa gejalanya bersifat konvensional, sementara gejala lainnya mungkin tidak konvensional, dan banyak orang tidak menyadari gejala-gejala ini.

Dilansir dari Times of India, penting untuk diperhatikan bahwa tanda-tanda ini dapat berbeda-beda pada setiap individu, dan beberapa mungkin tidak mengalami gejala klasik. Selain itu, wanita mungkin menunjukkan gejala yang berbeda atau lebih halus dibandingkan pria.

Jika Anda mencurigai adanya masalah jantung atau mengalami salah satu tanda-tanda ini, jangan abaikan. Carilah perawatan medis darurat atau segera hubungi layanan darurat.

Berikut beberapa tanda umum serangan jantung:

1. Ketidaknyamanan Dada Saat Beraktivitas

Ketidaknyamanan dada saat beraktivitas, baik di bagian tengah dada atau di kedua sisi, menjalar ke lengan, rahang, atau punggung, dapat menjadi salah satu gejala masalah jantung yang akan datang.

Penting untuk diketahui bahwa gejala-gejala ini biasanya muncul saat beraktivitas, pada waktu-waktu tertentu, dan segera hilang dengan istirahat. Jika gejala ini muncul suatu saat, ketahuilah bahwa ini mungkin mengindikasikan potensi masalah jantung dan harus diselidiki.

2. Sesak napas

Sesak napas adalah tanda peringatan lainnya, terutama jika terjadi dengan aktivitas minimal atau saat istirahat. Sesak napas saat beraktivitas bisa menjadi tanda halus dari masalah jantung yang akan datang. Biasanya, pasien mengalami sesak napas saat berjalan atau mendaki, dan saat mereka berhenti, sesak napas tersebut berkurang.

Sesak napas di tengah malam atau terbangun tiba-tiba mungkin merupakan manifestasi lain dari masalah jantung. Hal ini tidak boleh disalahartikan sebagai asma atau masalah pernafasan lainnya.”

3. Detak Jantung Tidak Teratur

Detak jantung tidak teratur, yang dikenal sebagai aritmia, dapat menandakan adanya masalah mendasar. Perhatikan sensasi berdebar, jantung berdebar, atau jantung berdebar kencang. Cari bantuan medis darurat jika Anda mengalami detak jantung yang terus-menerus cepat atau tidak teratur atau jika disertai gejala lain.

4. Kelelahan

Kelelahan yang terus-menerus, melebihi kelelahan normal, juga dapat mengindikasikan adanya gangguan pada sistem kardiovaskular. Kelelahan ini dapat bersifat fisik atau mental dan tidak dapat diatasi dengan istirahat. Kelelahan yang luar biasa pada aktivitas rutin sehari-hari dapat menjadi manifestasi lain dari masalah jantung, terutama jika masalah ini terjadi baru-baru ini dan belum pernah terjadi sebelumnya.”

5. Bengkak di Kaki

Pembengkakan di kaki, pergelangan kaki, atau perut mungkin merupakan tanda gagal jantung. Saat jantung berjuang untuk memompa secara efektif, cairan dapat menumpuk di area tersebut, menyebabkan pembengkakan. Memantau tekanan darah sangat penting, karena tekanan darah yang tinggi secara konsisten dapat membuat jantung stres seiring berjalannya waktu, sehingga berkontribusi terhadap masalah kardiovaskular.

6. Berkeringat berlebih

Kadang-kadang, serangan jantung muncul hanya dengan berkeringat atau rasa tidak nyaman di perut atau gerakan lemas. Gejala-gejala ini terutama terjadi pada penderita diabetes. Jika Anda penderita diabetes dan mengalami salah satu gejala yang tidak biasa ini, sebaiknya lakukan EKG dan pastikan tidak ada masalah jantung yang mendasarinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro