Kanker payudara. /hindustantimes.com
Health

Simak 17 Tips Sehat Mencegah Kanker Payudara

Novita Sari Simamora
Senin, 15 Januari 2024 - 16:58
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kanker payudara merupakan kekhawatiran besar bagi perempuan, tetapi tidak banyak perempuan yang memiliki pengetahuan untuk mencegah langkah proaktif.

Penyakit kanker payudara bisa menyerang perempuan dengan gaya hidup yang tidak sehat. Untuk membantu perempuan meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan, maka pakar kesehatan memberikan tips untuk mencegah kanker payudara.

Simak tips sehat agar tidak terkena kanker payudara:

1. Gaya Hidup Sehat: Landasan kesejahteraan secara keseluruhan dimulai dengan gaya hidup sehat. Hal ini termasuk menjaga pola makan seimbang, olahraga teratur, manajemen stres, dan tidur yang cukup.

2. Latihan Aktif: Melakukan aktivitas fisik setidaknya 5 hari seminggu, dengan 20 menit olahraga per hari, tidak hanya membantu pengelolaan berat badan tetapi juga meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

3. Manajemen Stres: Stres kronis dapat berdampak negatif pada kesehatan Anda. Setiap perempuan harus bisa manajemen stres yang efektif, seperti meditasi atau yoga, dapat berkontribusi pada pencegahan kanker payudara.

4. Tidur yang Cukup: Prioritaskan tidur minimal 8 jam per hari. Tidur yang berkualitas sangat penting untuk proses perbaikan dan peremajaan tubuh.

5. Hindari Junk Food: Hindari makanan olahan dan tidak sehat. Pilihlah makanan yang kaya akan buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian.

6. Diet Tinggi Protein: Sertakan sumber protein tinggi dalam makanan Anda karena penting untuk perbaikan jaringan dan kesehatan secara keseluruhan.

7. Diet kaya antioksidan, rendah kalori, dan rendah lemak: Konsumsi makanan kaya antioksidan untuk melawan radikal bebas. Pilihlah makanan yang rendah kalori dan rendah lemak untuk menjaga berat badan yang sehat.

8. Pernikahan Tepat Waktu: Penelitian menunjukkan bahwa pernikahan dini mungkin memiliki efek perlindungan terhadap kanker payudara.

9. Punya Anak di Usia yang Tepat: Perempuan sebaiknya bisa menyeimbangkan karier dan keluarga, memiliki anak di usia yang lebih muda dapat berkontribusi dalam pencegahan kanker payudara.

10. Hindari Persalinan Terlambat dan Nuliparitas: Menunda persalinan dan nuliparitas (tidak pernah memiliki anak) sangat berkaitan erat dengan peningkatan risiko kanker payudara. Pertimbangkan keluarga berencana pada usia yang tepat.

11. Menyusui: Menyusui dikaitkan dengan penurunan risiko kanker payudara. Ini juga memberikan banyak manfaat kesehatan bagi ibu dan anak.

12. Hindari Pil yang Mengandung Estrogen: Pil KB tertentu yang mengandung estrogen dapat meningkatkan risiko kanker payudara. Diskusikan pilihan alternatif dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

13. Hindari Obesitas: Pertahankan berat badan yang sehat untuk mengurangi risiko kanker payudara. Obesitas diketahui merupakan faktor risiko terjadinya berbagai jenis kanker, termasuk kanker payudara.

14. Pertahankan BMI Antara 20 hingga 24: Usahakan Indeks Massa Tubuh (BMI) antara 20 hingga 24 untuk memastikan kisaran berat badan yang sehat.

15. Periksa Payudara Sendiri: Lakukan pemeriksaan payudara sendiri setiap bulan, idealnya pada hari ke 10 siklus menstruasi Anda. Kebiasaan ini mendorong deteksi dini terhadap segala perubahan.

16. Pemeriksaan Mamografi Payudara: Setelah usia 40 tahun, jadwalkan pemeriksaan mamografi tahunan. Deteksi dini melalui pemeriksaan secara signifikan meningkatkan peluang keberhasilan pengobatan.

17. Pahami Riwayat Keluarga: Konsultasikan dengan ahli onkologi Anda untuk memahami riwayat kanker payudara keluarga Anda. Pertimbangkan konseling genetik untuk menilai faktor risiko individu Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro